Text
PENGARUH KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP MAARIF 5 PAMEKASAN
ABSTRAK
Nikmatus Shalihah, 2020, Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Terhadap
Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Maarif 5 Pamekasan,
Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (TIPS), Fakultas
Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Dr. R. Agoes
Kamaroellah, M.Si.
Kata Kunci: Kreativitas Mengajar Guru, Motivasi Belajar, dan Mata Pelajaran IPS
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran yang mengkaji
tentang isu-isu sosial dengan unsur kajiannya dalam konteks peristiwa, fakta,
konsep, dan generalisasi. Pada jenjang SMP/MTs, mata pelajaran IPS memuat
materi Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi, perlu seorang guru yang kreatif
dalam proses pembelajaran untuk memotivasi belajar siswa. Sehingga dengan
kreativitas mengajar guru siswa dapat termotivasi dengan membuat pelajaran yang
menarik.
Berdasarkan hal tersebut maka ada dua permasalahan yang diteliti, yaitu
pertama, adakah pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar
siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Maarif 5 Pamekasan, kedua seberapa besar
pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran IPS di SMP Maarif 5 Pamekasan. Adapun hipotesis yang diajukan yaitu
pertama, Ho: tidak terdapat pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap motivasi
belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Maarif 5 Pamekasan. Kedua, Ha:
terdapat pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada
mata pelajaran IPS di SMP Maarif 5 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, cara pengambilan
sampe menggunakan teknik cluster slamping sedangkan jenis penelitiannya
adalah korelasi product moment. Adapun respondennya adalah siswa kelas VIII
SMP Maarif 5 Pamekasan.
Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh kreativitas mengajar
guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Maarif 5
Pamekasan. Hal tersebut dibuktikan dengan lebih kecilnya harga r kerja
dibandingkan dengan r tabel, yakni perbandingan antara 0,444 dengan 0,126 pada
interval kepercayaan 5%. Kedua, dibuktikan dengan cara mengkonsultasikan
harga “r” kerja dengan interpretasi korelasi product moment, diketahui bahwa
nilai “r” kerja sebesar 0,126 berada pada interval 0,000 sampai 0,200 dengan
interpretasi sangat rendah. Dengan demikian hipotesis yang diajukan peneliti
menyatakan “tidak terdapat pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap motivasi
belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Maarif 5 Pamekasan.”
Tidak tersedia versi lain