Text
PROBLEMATIKA YANG DIHADAPI GURU IPS DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN 3D (TIGA DIMENSI) DIKELAS VII SMP DARUSSALAM BUKEK KECAMATAN TLANAKAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Dewi Radnadi, 2020, Problematika Yang Di Hadapi Guru IPS Dalam
Menggunakan Media Pembelajaran 3D (Tiga Dimensi) Di Kelas VII SMP
Darussalam Bukek Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan.
Kata kunci : problematika guru IPS, media pembelajaran 3D
Penelitian ini dilatar belakangi oleh problematika guru dalam penerapan
media pembelajaran tiga dimensi yang dapat diatasi dengan baik oleh guru IPS di
kelas VII SMP Darussalam Bukek Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan.
Tentunya, hal ini dapat teratasi yang tidak lain bersumber dari usaha seorang guru
dalam mengasah kemampuannya dalam mengoperasikan media pembelajaran,
sehingga siswa memiliki minat atau ketertarikan terhadap proses pembelajaran.
Dalam penelitian ini terdapat tiga fokus kajian pokok. Pertama, problematika apa
saja yang dihadapi guru IPS dalam menggunakan media pembelajaran 3D (tiga
dimensi) di kelas VII SMP Darussalam Bukek Tlanakan Pamekasan ? kedua, apa
saja faktor yang menjadi pendorong dan pemnghambat guru IPS dalam
menggunakan media pembelajaran 3D di kelas VII SMP Darussalam Bukek
Tlanakan Pamekasan ? ketiga, bagaimana upaya guru IPS mengatasi
probelamatika dalam menggunakan media pembelajaran 3D di kelas VII SMP
Darussalam Bukek Tlanakan Pamekasan ?
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif, sedangkan yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kepala
sekolah, guru, dan siswa. Sumber data yang di peroleh melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Untuk memperkuat hasil temuan, dilakukan cek
keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan
uraian rinci. Selanjutnya data yang telah di dapat diolah dan dianalisis secara non
statistik melalui teknik analisa data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama problematika yang di
hadapi guru IPS dalam menggunakan media pembelajaran 3D di kelas VII SMP
Darussalam dapat teratasi dengan baik, hal ini diatasi dengan pengasahan
pengetahuan yang dilakukan oleh guru IPS dalam mengembangkan kualitasnya
dalam hal penggunaan media pembelajaran 3D. keberhasilan ini dapat dilihat
dengan adanya minat siswa yang baik dalam menyimak pembelajaran jika
dibandingkan dengan sebelum menggunakan media 3D. kedua, faktor pendorong
dan penghambat dalam penggunaan media 3D di kelas VII SMP Darussalam
Bukek Tlanakan Pamekasan. Faktor pendorong yaitu memudahkan guru dalam
mengajar, lebih efisien waktu dalam mengajar. Sedangkan faktor penghambatnya
yaitu pembeuatan media pemeblajaran yang sulit, latar belakang peserta didik, dan
lain sebagainya. ketiga, upaya guru megatasi problematika dalam pengunaan
media pembelajaran 3D IPS dikelas VII SMP Darussalam Tlanakan Pamekasan
yaitu dengan cara melakukan pelatiha-pelatihan skill nya dengan cara mengikuti
wadah yang disediakan oleh mentri pendidikan seperti musyawarah guru mata
pelajaran IPS.
Tidak tersedia versi lain