Text
PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS NURUL ULUM GIRI RAJA
ABSTRAK
Faiqotur Rohma 2020, Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTS Nurul Ulum Gili Raja, Skripsi Program Studi TIPS, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura,
Pembimbing: Dr. H. R. Agoes Kamaroellah, M.Si
Kata Kunci : Profesionalisme guru, Prestasi belajar siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara Profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTS Nurul Ulum Gili Raja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif deskriptif dengan pendekatan( expos facto). Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 20.0 for windows.
Hasil Penelitian Menunjukan Dari Uji Anova dengan F hitung 3,327 dan tingkat signifikansi Probabilitas 0,077 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel partisipasi Dari uji R square ditemukan nilai R square sebesar 0,299 (29,9%) menunjukkan bahwa variabel independen (profesionalisme guru) memiliki pengaruh terhadap variabel dependen (prestasi siswa) sebesar 29,9%, Sedangkan 61,0% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Dan interpretasi r membuktikan pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi siswa berada dalam kategori Rendah dengan interval koefisien yaitu 0,20-0,399. Hasil uji t ditemukan bahwa t hitung > t tabel (1,824 > 1,691) maka Ho ditolak secara statistik adalah signifikan, dari hasil uji t nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,077 < 0,05) berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru terhadap prestasi siswa.
Tidak tersedia versi lain