Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VII DI MTs MIFTAHUL ULUM PAGENDINGAN KECAMATAN GALIS KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Anisatul Maulina, 2020, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT
(Team Game Tournament) terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
Pada Siswa Kelas VII di MTs Miftahul Ulum Pagendingan Kecamatan Galis
Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Program Studi Tadris Ilmu
Pengetahuan Sosial, IAIN Madura, pembimbing Sukron Romadhon, M. Si
Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Game
Tournament), motivasi belajar
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini,
pertama, ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team
Game Tournament) terhadap motivasi belajar ilmu pengetahuan sosial pada siswa
kelas VII di MTs Miftahul Ulum Pagendingan Kecamatan Galis Kabupaten
Pamekasan. Kedua, Seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe
TGT (Team Game Tournament) terhadap motivasi belajar ilmu pengetahuan
sosial pada siswa kelas VII di MTs Miftahul Ulum Pagendingan Kecamatan Galis
Kabupaten Pamekasan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
analisis statistik, yaitu mencari hubungan antara variabel X dengan variabel Y.
Yang termasuk variabel X adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team
Games Tournamen), sedangkan variabel Y adalah motivasi belajar.
Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII di MTs Miftahul Ulum
Desa Pagendingan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan yang berjumlah 36
siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket,
observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data berlangsung selama 15 hari, mulai
tanggal 04 sampai 23 Januari 2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah
statistik dengan teknik product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe
TGT (Team Games Tournament) terhadap motivasi belajar IPS pada siswa kelas
VII di MTs Miftahul Ulum Desa Pagendingan Kecamatan Galis Kabupaten
Pamekasan, dan pengaruhnya sangat tinggi. Hal ini terbukti dari hasil analisis
statistik dengan teknik product moment yang menunjukkan bahwa hasil “r” kerja
(0.925) lebih besar dari nilai “r” tabel product moment, baik pada taraf
kepercayaan 95% (0.329), atau tingkat kepercayaan 99% (0.424). Dan “r” 0.925
kerja ketika konsultasikan dengan tabel interpretasi korelasi, berada pada
rentangan antara 0,90-1,00 dengan nilai interpretasi sangat tinggi.
Tidak tersedia versi lain