Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENGATASI KESULITAN SISWA DALAM MENENTUKAN LETAK GEOGRAFIS KELAS IX DI SMP NEGERI 5 PAMEKASAN
ABSTRAK
Moch. Nurul Syamsi 2020, “penerapan model pembelajaran STAD untuk
mengatasi kesulitan siswa menentukan letak geografis kelas IX di SMPN 5
Pamekasan”, Skaripsi program studi tadris ilmu pengetahuan sosial, Fakultas
Tarbiyah IAIN Madura pembimbing Drs. H. Mosleh Habibullah, M.Pd
Kata kunci : Model pembelajaran STAD, Kesulitan Belajar
Dalam kegiatan pembelajaran seorang guru harus mampu memberikan
pembelajaran yang menarik, untuk itu diperlukan strategi yang mengaktifkan
siswa dalam pembelajaran, sehingga guru perlu menerapkan model pembelajaran
yang bisa digunakan guru untuk merancang pembelajaran yang menarik dan
mengaktifkan siswa, salah satunya yaitu model pembelajaran STAD.
Dengan penjelasan diatas maka memunculkan rumusan masalah
sebagaimana berikut, 1) Untuk mengetahui penerapan Model STAD untuk
Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Menentukan Letak Geografis kelas IX SMPN 5
Pamekasan. 2) Untuk Mengetahui apa saja faktor yang dihadapi dengan penerapan
Model STAD untuk Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Menentukan Letak
Geografis kelas IX SMPN 5 Pamekasan. 3) Untuk mengetahui Bagaimana upaya
yang dihadapi dengan penerapan model STAD untuk mengatasi kesulitan siswa
dalam menentukan Letak Geografis kelas IX SMPN 5 pamekasan.
Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang
memaparkan data secar deskriktif . metode yang digunakan adalah wawancara,
observasi dan dukomentasi serta cara yang digunakan dengan menggunakan
tringgulasi.
Hasil penelitian menunjukan penerapan mode pembelajaran STAD pada
siswa SMPN 5 Pamekasan dapat menigkatkan prestasi belajar oleh siswa.
Pembelajaran STAD adalah suatu pembelajaran, dimana kelas dibagi menjadi
beberapa kelompok yang anggotannya empat siswa maksimal 5 siswa, anggotanya
mempunyai kemampuan yang bermacam-macam atau (campuran), yaitu ; tingkat
kinerja, jenis kelamin, dan suku. Diskusi yang dilakukan oleh siswa bertujuan
untuk melatih kemampuan siswa yang terdapat pada lembar diskusi kelompok.
Masalah kesulitan yang dihadapi siswa tentang materi letak geografis. Dengan
menggunakan pembelajaran kelompok siswa dapat memahami secara mudah
penjelasan yang sudah dijelaskan oleh guru. Dengan cara belajar menggunakan
model pembelajaran STAD tersebut dapat mempermudah kesulitan siswa secara
signifikan pada pokok materi letak luas benua asia siswa kelas IX SMPN 5
Pamekasan tahun pelajaran 2019-2020.
Tidak tersedia versi lain