Text
PENGGUNAAN MULTIMEDIA UNTUK PERKEMBANGAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BELAJAR IPS KELAS VIII DI SMP AL-AZHAR PROPPO PAMEKASAN
ABSTRAK
Febby Leriansyah, 2020, Penggunaan Multimedia Untuk Perkembangan Keaktifan
Siswa Dalam Belajar IPS Kelas VIII Di SMP Al-Azhar Proppo Pamekasan, Skripsi,
Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura,
Pembimbing : Abd. Ghofur, M.Pd.
Kata Kunci : Penggunaan Multimedia, Keaktifan, Dalam Belajar IPS
Dalam proses pembelajaran IPS yang ada di SMP Al-Azhar terdapat
pembelajaran yang menggunakan alat bantu seperti Computer LCD dan lainnya,
penggunaan alat bantu tersebut untuk menambah atau mempermudah proses belajar
mengajar, dalam hal ini siswa/i maupun guru sama-sama di untungkan dengan adanya
proses pembelajaran menggunakan alat tersebut, guru juga harus mengusai bagaimana
penggunaan multimedia pembelajaran ini dengan baik, karena dengan begitu
pembelajaran akan terasa semakin hidup dan kelas akan semakin aktif tentunya, bukan
hanya itu saja pembelajaran menggunakan multimedia ini juga ditunjang dengan
tersedianya alat-alat yang dibutuhkkan oleh guru, hal ini juga berpengaruh besar
terhadap keaktifan siswa tepatnya siswa kelas VIII yang ada di SMP Al-Azhar, karena
penggunaan multimedia dalam pembelajaran ini sangat di senangi oleh siswa maupun
siswi nya, penggunaan multimedia dalam belajar ini tepatnya mata pelajaran IPS yang
ada di SMP Al-Azhar sangat bagus hasilnya penggunaan multimedia dalam belajar ini
sangat membantu siswa untuk semakin aktif bertanya tidak hanya itu saja siswa yang
dulunya kurang bersemangat dalam belajar sekarang lambat laun semakin berkurang,
hal ini sangat disyukuri oleh guru-guru yang ada di SMP Al-Azhar,
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian fenomenologis, sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Informannya adalah Guru IPS, Siswa/i kelas VIII SMP Al-Azhar.
Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjang pengamatan,
ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. Untuk analisis data menggunakan teknik
yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) cara guru mengusai multimedia dalam
pembelajaran IPS adalah dengan memahami materi yang akan mereka (GURU)
terangkan kepada siswa/i nya hal ini guru lakukan untuk berjalannya pembelajaran
menggunakan multimedia ini dengan lancar. 2) hasil dari penggunaan multimedia
untuk menciptakan keaktifan siswa yaitu hasil dari pembelajaran menggunakan
multimedia ini dapat dilihat dari semakin aktifnya siswa/i belajar bukan hanya itu saja
siswa/i yang dulunya sering tidak masuk sekarang sudah semakin aktif dalam belajar.
3) faktor pendukung dan penghambat dalam pennggunaan multimedia dalam pelajaran
ini ialah dimulai dari pendukungnya faktor pendukungnya ialah tersedianya alat-alat
yang dibutuhkan seperti computer, LCD/ proyektor dan lainnya bukan hanya itu saja
siswa/i maupun guru-guru disana dengan adanya pembelajaran menggunakan
multimedia ini, sedangkan faktor penghambatnya ialah terbatasnya alat-alat yang
dibutuhkan untuk pembelajaran menggunakan multimedia ini.
Tidak tersedia versi lain