Text
PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMPN 2 LARANGAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Syaiful Rijal 2020, Pengaruh Game Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata
Pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 2 Larangan Pamekasan, Skripsi Program Studi
Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (TIPS), Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura,
Pembimbing : Dr. R. Agoes Kamaroellah, M.Si
Kata Kuci : Game Online, Hasil Belajar, dan Mata Pelajaran IPS
Di era globalisai seperti sekarang ini kemajuan teknologi dan komunikasi
sangat pesat dan mempengaruhi segala bidang, salah satunya di bidang hiburan
yang berupa game online. Game online adalah jenis permain yang bersifat virtual
dan hanya bisa dimainkan jika dalam kondisi online atau tersambung dengan
internet. Kemunculan game online ini menarik para kalangan remaja khususnya
siswa-siswi yang masih sekolah sehingga dikhawatirkan berpengaruh negatif
terhadap hasil belajar siswa di sekolah terutama pada mata pelajaran IPS.
Berdasarkan hal tersebut maka ada dua permasalahan yang akan diteliti,
yaitu pertama, adakah pengaruh Game Online terhadap Hasil belajar siswa mata
pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 2 Larangan Pamekasan, kedua seberapa besar
pengaruh Game Online terhadap Hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas
VIII di SMPN 2 Larangan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data diperoleh
melalui angket dan dokumentasi untuk nilai rapor. Teknik sampling yang
digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu teknik
pengambilan sampel berdasarkan kriteria-kriteria tertentu yang dibuat oleh
peneliti. Jadi, yang menjadi sampel dalam penelitian yaitu siswa-siswi kelas VIII
di SMPN 2 Larangan Pamekasan yang bermain game online. Sedangkan analisis
data yang digunakan yaitu korelasi product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang bersifat positif
dari bermain Game Online terhadap Hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas
VIII di SMPN 2 Larangan Pamekasan. Hal tersebut di buktikan dengan hasil “r”
tabel yang di konsultasikan dengan harga kritik product moment, yaitu N = 66 dan
interval kepercayaan 5% = 0,224 dan taraf interval 1% = 0,317, dengan demikian
harga “r” kerja 0,9439 lebih besar dibandingkan dengan harga “r” tabel kritik
product moment dan yang kedua terbukti dari hasil konsultasi harga “r” kerja
dengan interpretasi korelsi product moment, dengan interpretasi tinggi. Hal ini
juga dapat dilihat dari nilai rapor siswa yang berada di atas KKM, yaitu 72 keatas
dan bahkan minimal 5 orang yang masuk 10 besar di setiap kelas adalah siswa
yang aktif atau sering bermain game online. Dengan demikian hipotesis alternatif
(Ha) yang peneliti ajukan yang berbunyi “ada pengaruh Game Online terhadap
Hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 2 Larangan
Pamekasan diterima dengan interpretasi tinggi.
Tidak tersedia versi lain