Text
PENGARUH PEMBELAJARN PENGEMBANGAN DIRI (PD) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DI KELAS XI MA SUMBER BENGUR PAKONG PAMEKASAN
ABSTRAK
Khoirinnisak, 2020, Pengaruh Pembelajaran Pengembangan Diri (PD) terhadap
Peningkatan Motivasi Siswa di Kelas XI MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan,
Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN
Madura, Pembimbing : Dr. Hj. Mariatul Qibtiyah M, Ag.
Kata Kunci: Pengembangan Diri, Motivasi
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pengembangan diri dalam
kehidupan sehari-hari. Karena pada dasarnya sebagai seorang pelajar harus dapat
meningkatkan potensi ataupun bakat dalam dirinya, dengan mengembangkan diri
akan meningkatkan keimanan serta menanamkan kepercayaan diri pada anak,
kepercayaan diri inilah yang akan memperkuat motivasi untuk mencapai sebuah
keberhasilan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, adakah pengaruh pembelajaran
pengembangan diri (PD) terhadap peningkatan motivasi siswa di kelas XI MA
Sumber Bungur Pakong Pamekasan?. Kedua, seberapa besar pengaruh
pembelajaran pengembangan diri (PD) terhadap peningkatan motivasi siswa di
kelas XI MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
korelasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik
dengan rumus yang digunakan adalah product moment dan instrumen penelitian
yang digunakan yaitu menggunakan angket, observasi dan dokumentasi.
Hasil panelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan antara
pengembangan diri dengan motivasi siswa terbukti “r” kerja sebesar 0,439 maka
“r” kerja > “r” tabel (0,368 > 0,284). Maka Ha diterima dan HO ditolak. Dengan
dibuktikan bahwa : Pertama, ada pengaruh pembelajaran pengembangan diri (PD)
terhadap peningkatan motivasi siwa di kelas XI MA Sumber Bungur Pakong
Pamekesan, hal ini dibuktikan dengan nilai hasil data statistik yang menujukkan
bahwa “r” kerja (yakni 0,439) lebih besar dari “r” tabel product moment dimana N
= 48 dalam interval kepercayaan 95% diperoleh nilai sebesar 0,284 dan dalam
interval kepercayaan 99% di peroleh nilai sebesar 0,368. Maka dapat dikatakan
terdapat pengaruh antara variabel X dengan variabel Y, artinya bahwa ada
pengaruh pembelajaran pengembangan diri (PD) terhadap peningkatan motivasi
siswa di kelas XI MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. “Kedua, besar
pengaruh pembelajaran pengembangan diri (PD) terhadap peningkatan motivasi
siswa di kelas XI MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan adalah cukup. Hal ini
dibuktikan dengan hasil analisis data statistik yang menujukkan bahwa “r” kerja
yakni 0,439 berada pada interval koefisien 0,40-0,70 dengan interpretasi cukup.
Tidak tersedia versi lain