Text
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 5 PAMEKASAN
ABSTRAK
Ach Madani Khairuddin, 2020, Penggunaan Media Audio Visual dalam
Pembelajaran Keterampilan Pada Siswa VII di SMPN 5 Pamekasan, Skripsi,
Program Studi TBIN, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Hj. Kristanti
Ayuanita, M.Pd
Kata Kunci: Media, Keterampilan Berbicara, Media Pembelajaran.
Media pembelajaran adalah suatu hal yang lumrah digunakan dalam proses
pembelajaran dan dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi serta
membantu siswa dalam memahami materi yang telah disampaikan.
Ada tiga fokus masalah dalam penelitian ini, pertama adalah tentang
bagaimana langkah-langkah penggunaan media audio visual pada pembelajaran
keterampilan berbicara kelas VII di SMPN 5 Pamekasan. Kedua adalah
bagaimana hasil pembelajaran bahasa Indonesia setelah diterapkannya
penggunaan media audio visual pada pembelajaran keterampilan berbicara, dan
yang ketiga adalah apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan
media audio visual pada keterampilan berbicara kelas VII di SMPN 5 Pamekasan.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan kualitatif sebagai pendekatan
penelitian dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber datanya adalah kelas VII-F
di SMPN 5 Pamekasan dengan peneliti sebagai instrumennya. Dalam
pengumpulan data, peneliti menggunakan tiga prosedur, yaitu wawancara.
Observasi, dan dokumentasi. Peneliti kemudian menganalisis data dengan cara
Reduksi Data yaitu merangkum, pengelompokan, memilih hal-hal yang pokok
dan memfokuskan pada hal-hal yang penting, kemudian menyajikan data untuk
menyederhanakan data serta memudahkan peneliti memahami apa yang terjadi,
dan yang terakhir Penarikan kesimpulan data dan verifikasi data yang bertujuan
untuk validitas data yang telah terkumpul di lapangan dan untuk menarik
kesimpulan hasil penelitian.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada beberapa langkah penggunaan
media yang digunakan, yaitu guru mempersipakan media yang akan digunakan
serta melatih konsentrasi siswa, lalu guru menyampaikan materi dengan
menggunakan slide, kemudian guru memberikan contoh yang berkaitan dengan
materi, lalu menyuruh siswa untuk mengemukakan pendapatnya, dan yang
terakhir guru memberikan evaluasi kepada siswa. Dari penggunaan media tersebut
siswa lebih mudah menguasai materi dan semangat dalam belajar, serta mengajak
siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Hal itu terjadi juga karena
kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran meski terkadang keterbatasan
media yang disediakan sekolah juga menjadi penghambat siswa dalam
pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain