Text
PENGARUH SEGMETING, TARGETING, DAN POSITIONING TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK GADAI EMAS DI BANK BPRS BHAKTI SUMEKAR CABANG PAMEKASAN
ABSTRAK
Hidayatus Safitri, 2020, Pengaruh Segmenting, Targeting, dan
PositioningTerhadap Keputuan Nasabah Menggunakan Produk Gadai Emas di
Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan, Skripsi, Program Studi
Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam
Negeri Madura, Pembimbing: Mohammad Bashri Asyari, MA.
Kata Kunci:Segmenting, Targeting, Positioning, Keputusan Nasabah.
Pada dasarnya semua perusahaan khususnya lembaga keuangan
memerlukan strategi pemasaran untuk meningkatkan dan melihat persaingan pasar
yang dihadapinya. Dalam pemasaran memelurkan sebuah strategi persaingan
dimana strategi tersebut diakukan dengan melihat segmen, target, dan posisi pasar
yang akan dimasuki. Segmentasi adalah upaya yang dilakukan oleh perusahaan
agar produk atau jasa dapat tetap berada dalam posisi yang efektif. Menentukan
target pasar yang akan dituju dapat membantu agar produk yang akan dipasarkan
tepat sasaran. Begitupun dengan penentuan posisi pasar agar produk yang dimiliki
memiliki nilai tersendiri sehingga menarik masyarakat untuk membeli atau
menggunakan produk tersebut.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada empat permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apakah ada pengaruh secara
simultan segmenting, targeting, dan positioning terhadap keputusan nasabah
menggunakan produk gadai emas di bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang
Pamekasan; kedua, apakah ada pengaruh segmenting terhadap keputusan nasabah
menggunakan produk gadai emas di Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang
Pamekasan; ketiga, apakah ada pengaruh targetingterhadap keputusan nasabah
menggunakan produk gadai emas di Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang
Pamekasan; keempat, apakah ada pengaruhpositioning terhadap keputusan
nasabah menggunakan produk gadai emas di Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan analisis pendekatan kuantitatif dengan teknik
analisis regresi linier berganda. Jenis data yang digunakan adalah data primer
yaitu hasil dari kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah gadai
emas bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan dengan jumlah sampel
yang digunakan sebanyak 129.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama secara simultan terdapat
pengaruh signifikan segmenting, targeting, dan positioning terhadap keputusan
nasabah.hal ini dapat dilihat dari hasil uji F yaitu Fhitung sebesar 25,425 > Ftabel 2,68
dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Kedua, secara parsial variabel segmenting
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah dengan hasil uji t
diperoleh thitung sebesar 4,7699 > ttabel1,97912 dan taraf signifikan 0,000 < 0,05.
Ketiga, secara parsial variabel targeting tidak memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap keptusan nasabah dengan hasil uji t diperoleh thitung sebesar 0,654 <
ttabel1,97912 dan taraf signifikan 0,514 > 0,05. Keempat, secara parsial variabel
positioning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah
dengan hasil uji t diperoleh nilai thitung sebesar 3,465 > ttabel1,97912 dan taraf
signifikan 0,001 < 0,05.
Tidak tersedia versi lain