Text
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI KONSUMEN MUSLIM TENTANG MASLAHAH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SENTRA BATIK TULIS AL-BAROKAH PEKANDANGAN TENGAH KABUPATEN SUMENEP
ABSTRAK
Nurul Izzah, 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Konsumen Muslim
Tentang Maslahah Terhadap Keputusan Pembelian Sentra Batik Tulis Al-
Barokah Pekandangan Tengah Kabupaten Sumenep, Program Studi Ekonomi
Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing Dr. Sri Handayani
M.M
Kata Kunci: Kualitas Produk, Persepsi, Mas/ahah, Keputusan Pembelian.
Ragam pakaian yang meluas menjadi salah satu faktor yang membuat sebagian
konsumen muslim tertarik dan lupa untuk berfikir yang matang sebelum
mengambil tindakan keputusan pembelian. Kualitas produk yang melekat pada
beragamnya produk sentra batik tulis al-Barokah seakan menjadi prioritas utama
untuk dilakukan pembelian keputusan. Disisi lain persepsi mengenai maslahah
termasuk salah satu pertimbangan yang dihadapi konsumen muslim sebelum
melakukan tindakan keputusan pembelian.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan jenis
hubungan Klausal. Teknik sampel yang digunakan Non Probability Sampling
degan teknik Purposive Sampling berjumlah 50 responden. Metode analisis
statistik yang digunakan regresi linier berganda. Uji statistiknya meggunakan uji t,
uji F dan koefisien determinasi.
Hasil pengelolaan data penelitian diperoleh dari uji t (uji parsial) dapat
diketahui Kualitas produk (X,) memiliki nilai thitungsebesar 2,207 dan nilai Sig.
0,032. Nilai thitunglebih besar dari nilai t,q,-:yaitu 2,207 > 2,011 dan nilai Sig.
0,032 < 0,05, artinya terdapat pengaruh dan signifikan kualitas produk terhadap
keputusan pembelian. Sedangkan hasil uji t variabel (X2) Persepsi Konsumen
Muslim tentang Maslahah memiliki nilai Sig. 0,030 < 0,05, dan nilai thitung
2,234>trapet2,011 yang berararti variabel X2 berpengaruh signifikan terhadap
variabel keputusan pembelian (Y). Untuk uji F diperoleh nilai 0,014 < 0,05 dan
nilai F hitung4,673 >Frabei3,19 sehingga hasilnya diperoleh kesimpulan bahwa
secara simultan kualitas produk (X;) dan persepsi konsumen muslim tentang
maslahah (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y). Nilai R2 regresi
sebesar 0,166 atau 16, 6% yang berarti keputusan pembelian hanya dapat
dijelaskan sebesar 16, 6% oleh variable kualitas produk (X,) dan persepsi
konsumen muslim tentang maslahah (Xz). Sedangkan sisanya 83, 4% dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak diperhitungkan dalam penelitian ini.
Dipindai dengan CamScanner
Tidak tersedia versi lain