Text
PENGARUH PROMOSI HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ALFAMART RAYA KONANG KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Qurrotul Aini, 2020, Pengaruh Promosi Harga dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Kepuasan Pelanggan Alfamart Raya Konang Kabupaten Pamekasan.
Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekomomi dan Bisnis Islam,
Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Dr. Sri Handayani, MM
Kata Kunci: Promosi, Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
Alfamart Raya Konang merupakan Alfamart cabang yang lokasi gerainya
berada di Desa Konang Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Alfamart Raya
Konang berdiri sejak tahun 2015. meskipun Alfamart Raya Konang lokasinya
berada di desa, akan tetapi tidak kalah saing dengan Alfamart yang lokasinya
berada di kota. dalam 1 tahun Alfamart Raya Konang bisa mendapatkan lima
penghargaan sekaligus.Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini yaitu
pertama, peneliti ingin mengetahui apakah promosi, harga dan kualitas pelayanan
berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Alfamart Raya Konang Kabupaten
Pamekasan. Kedua, peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh promosi,
harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Alfamart Raya
Konang Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan tekhnik
analisis data menggunakan regresi linear berganda, dan bantuan alat analisis
SPSS. Jenis data yakni data primer. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan
Alfamart Raya Konang Kabupaten Pamekasan. Tekhnik pengambilan sampel
dalam penelitian ini menggunakan tekhnik Insidental Sampling. Pengambilan
sampel ditentukan dengan rumus Lameshow dengan jumlah responden 100.
Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini yaitu, kuesioner (angket).
Hasil uji Signifikan secara simultan (uji F) memperoleh Fhitung 29,273 >
Ftabel 2,70 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa variabel
Promosi (X1), Harga (X2) dan Kualitas Pelayanan (X3) mempunyai pengaruh
secara simultan (bersama-sama) terhadap kepuasan pelanggan (Y) Alfamart Raya
Konang Kabupaten Pamekasan. Hasil uji parsial variabel promosi (X1) diperoleh
Thitung 2,173 > Ttabel 1,984 dengan taraf signifikan 0,032 < 0,05 variabel harga (X2)
diperoleh Thitung 0,923 < Ttabel 1,984 dengan taraf signifikan 0,358 sedangkan
variabel kualitas pelayanan (X3) diperoleh Thitung 8,594 > Ttabel 1,984 dengan taraf
signifikan 0,000. Dari hasil uji T dapat disimpulkan bahwa variabel promosi dan
kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan,
sedangkan variabel harga tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan
pelanggan.
Tidak tersedia versi lain