Text
ANALISIS PENERAPAN COST, VOLUME, PROFIT SEBAGAI ALAT BNTU DALAM PERENCANAAN LABA PADA PT. UNILEVER INDONESIA Tbk.
ABSTRAK
Lailiyatul Karomah 2020. Analisis Penerapan Cost, Volume, Profit Sebagai Alat
Bantu dalam Perencanaan Laba pada PT. Unilever Indonesia Tbk.,
Skripsi,Institut Agama Islam Negeri Madura, Jurusan Ekonomi dan
Bisnis Islam, Program Studi Akuntansi Syariah (AS), Pembimbing
Dr. H. Nashar, MM., M.Si. 2020.
Kata Kunci : Analisis Cost Volume Profit, Perencanaan Laba, Perusahaan
Dalam sebuah perusahaan, tujuan perusahaan merupakan dasar
dibangunnya sebuah perusahaan sehingga diperlukan suatu sistem manajemen
yang baik dalam mengelola dan mengkoordinasikan beragam sumber daya yang
dimiliki perusahaan secara tepat dan efisien. Dalam melaksanakan kegiatannya,
perusahaan selalu menghadapi berbagai masalah. Tidak jarang terjadi persaingan
antar suatu perusahaan dengan peusahaan lain. Untuk menjaga kesinambungan
hidup perusahaan dalam menghadapi persaingan diperlukan suatu perencanaan
yang matang dan tepat dari seorang manajer sehingga nantinya perusahaan dapat
berkompetisi dalam mewujudkan tujuan perusahaan yakni memperoleh laba
sesuai dengan yang ditargetkan oleh perusahaan. Dalam hal ini tujuan perusahaan
adalah memperoleh laba. Semakin baik perencanaan laba yang dilakukan
manajemen perusahaan maka laba yang diperoleh akan semakin banyak dan hal
tersebut menandakan bahwa tingkat kesuksesan perusahaan semakin tinggi serta
tingkat keberhasilan manajemen dalam mengelola keuangan perusahaan semakin
baik. Sehingga perencanaan laba merupakan hal yang sangat penting untuk
dilakukan oleh manajemen perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhitungan dan perencanaan
laba pada PT. Unilever Indonesia Tbk. secara keseluruhan dengan menggunakan
analisis cost, volume, profit. Analisis cost, volume, profit adalah metode analisis
untuk melihat hubungan antara besarnya biaya yang dikeluarkan perusahaan dan
besarnya volume penjualan serta laba yang diperoleh selama suatu periode
tertentu.Dalam analisis ini dapat diketahui seberapa besar Marjin Kontribusi,
Break Event Point (BEP), Marjin Keamanan, Perencanaan Laba, dan Leverege
Operasi PT. Unilever Indonesia Tbk untuk tahun 2018.
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif
deskriptif. Penelitian kuantitatif deskriptif adalah suatu proses menemukan
pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menganalisis
yang nantinya hasil dari analisis disini kemudian di deskripsikan sesuai dengan
apa yang terjadi. Data yang digunakan merupakan data sekunder. Data Sekunder
merupakan data penelitian yang diperoleh secara tidak langsung atau melalui
media perantara. Data sekunder yang digunakanberupa laporan keuangan PT.
Unilever Indonesia Tbk serta data-data lain yang diakses melalui internet.
Hasil perhitungan analisis CVP disini menunjukkan bahwa PT. Unilever
Indonesia Tbk. sudah sangat baik dalam melakukan perencanaan laba. Hal itu
dilihat dari hasil perhitungan Marjin Kontribusi yang menunjukkan hasil yang
cukup tinggi, Titik Impas (BEP) yang tinggi serta sangat jauh dari titik penjualan,
Marjin Keamanan yang sangat tinggi, Perencanaan Laba dengan laba maksimal
yang tiggi, serta Leverege Operasi yang sangat baik.
Tidak tersedia versi lain