Text
PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI PRODUK WARDAH DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM LAIN MADURA
ABSTRAK
Dini Jamilatul Maulidah, 2020. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli
Produk Wardah Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Moderating Pada
Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Madura, Program Studi
Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing Farid
Firmansyah, M.M.
Kata Kunci: Word Of Mouth, Citra Merek, Minat Beli.
Word Of Mouth merupakan komunikasi dari mulut ke mulut yang
berhubungan dengan keunggulan, pengalaman membeli atau menggunakan
produk atau jasa. Citra merek adalah segala hal yang terkait dengan merek suatu
produk yang diingat dan tertanam dibenak konsumen. Minat Beli adalah perilaku
konsumen yang muncul sebagai respon terhadap objek yang menunjukkan
keinginan untuk melakukan pembelian. Tujuan dari penelitian ini, peneliti ingin
mengetahui apakah ada pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli, dan
apakah Citra Merek memoderasi pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli
Produk Wardah pada mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN
Madura.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan jenis
hubungan klausal. Jenis populasi dalam penelitian ini termasuk dalam populasi
finit. Teknik sampel yang digunakan adalah Proportionate Stratified Random
Sampling, dan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi
Moderasi MRA untuk mengetahui apakah adanya variabel moderating semakin
memperkuat atau memperlemah hubungan independen dan dependen. Uji
statistiknya menggunakan uji F, uji t, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa word of mouth dan citra
merek secara simultan berpengaruh terhadap minat beli dengan nilai Fhitung
264,815 > Ftabel 3,032 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Secara parsial word of
mouth berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen karena memperoleh
nilai thitung 17,001 > ttabel 1,968, dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Sedangkan
citra merek berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen karena
diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 5,690 > ttabel 1,968. Nilai
koefisien regresi variabel word of mouth*citra merek sebesar -0,003 dengan
tingkat signifikan 0,451 > 0,05, variabel moderat yang merupakan interaksi antara
word of mouth dan citra merek ternyata tidak signifikan, sehingga dapat
disimpulkan bahwa variabel citra merek bukan merupakan variabel moderating.
Variabel word of mouth dan citra merek mampu mempengaruhi minat beli 63,8%
sedangkan 36,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diperhitungkan dalam
penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain