Text
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN BATIK DI PASAR 17 BUGIH PAMEKASAN
ABSTRAK
Frita Rusdiana,2019 “ Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Batik Di Pasar 17 Bugih Pamekasan”Skripsi, Program Studi Ekonomi Syari’ah, jurusan Ekonomi dan Bianis Islam, Pembimbing: H. WADHAN, M.Si.
Kata kunci: strategi, pemasaran, penjualan Batik
Strategi adalah mengenai penerapan (tujuan-tujuan strategi) dan mengalokasikan/ menyesuaikan sumber daya dengan peluang( strategi berbasis sumber daya ). Pemasaran yaitu salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Warisan budaya yang sangat terkenal hingga saat ini adalah batik. Batik menjadi salah satu cirri khas Indonesia yang mendunia. Maka banyak sekali yang mengenakan batik dalam berbagai kesempatan acara., baik di gunakan mulai anak- anak sampai orang dewasa yang bertujuan untuk memperkenalkan batik asli Indonesia. Salah satuwisata yang belanja batik yang cukup banyak kita temui terdapat di pasar 17 Agustus Pamekasan. Adanya pedagang batik yang cukup banyak membuat para pedagang harus memiliki strategi pemasaran yang baik agar tetap bisa mempertahankan usahanya. Penyusunan pada penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) analisis strategi pemasaran menggunakan teori marketing mix (bauran pemasaran) (2) analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan batik.
Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang di peroleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi informannya adalah pedagang Batik di Pasar 17 Agustus dan pembeli atau konsumen Batik.
Hasil penelitian ini menerangkan bahwa (1) strategi pemasaran para penjual Batik Pasar17 meliputi: produk, harga, tempat promosi. (2) secara umum strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan batik sesuai dengan kebutuhan ekonomi, terlihat pada pruduk yang berkualitas, keuntungan yang tidak terlalu besar, lokasi yang cukup strategi dan promosi yang menerapkan kejujuran.
Tidak tersedia versi lain