Text
PENGARUH STRATEGI DIFERENSIASI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH PRODUK TABUNGAN BAROKAH BPRS BHAKTI SUMEKAR KC PAMEKASAN
ABSTRAK
Wasiyatur Rohmaniyah, 2020, Pengaruh Strategi Diferensiasi terhadap Keputusan
Nasabah Memilih Produk Tabungan Barokah BPRS Bhakti Sumekar KC
Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: Lely Shofa Imama, Lc., M.S.I.
Kata Kunci : Strategi Diferensiasi, Keputusan Nasabah
Perkembangan jumlah perbankan syariah di Indonesia mengalami
peningkatan setiap tahunnya. Peningkatan jumlah perbankan syariah akan
berdampak pada tingkat persaingan semakin ketat, belum lagi keberadaan lembaga
keuangan lainnya yang juga memiliki fungsi yang sama sebagai lembaga
intermediasi antara unit surplus dan unit defisit. Persaingan yang ketat membuat
setiap bank harus membangun strategi pemasaran yang baik dan berusaha keras
untuk memenuhi kebutuhan serta keinginan nasabah dalam menawarkan berbagai
produk-produknya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah strategi
diferensiasi. Dengan strategi diferensiasi, suatu bank dapat menciptakan
keunggulan yang berbeda pada produknya sehingga lebih diminati oleh konsumen
dibandingkan produk pesaing. Dalam hal ini, pengukuran strategi diferensiasi
didasarkan pada tiga dimensi yaitu diferensiasi produk, diferensiasi jasa, dan
diferensiasi citra.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apakah diferensiasi produk, diferensiasi
jasa, dan diferensiasi citra berpengaruh secara simultan terhadap keputusan
nasabah memilih produk Tabungan Barokah BPRS Bhakti Sumekar KC
Pamekasan.; kedua, variabel manakah dari strategi diferensiasi yang memiliki
pengaruh paling dominan terhadap keputusan nasabah memilih produk Tabungan
Barokah BPRS Bhakti Sumekar KC Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kuantitatif
korelasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 99 responden dengan teknik
pengambilan sampel accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, metode
analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan
SPSS Versi 23 untuk mengetahui pengaruh variabel independen yang meliputi
diferensiasi produk (X1), Diferensiasi Jasa (X2), Diferensiasi Citra (X3) terhadap
variabel dependen yaitu Keputusan Nasabah (Y).
Dari hasil perhitungan secara simultan diperoleh nilai Fhitung 24,003 > Ftabel
2,14 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,1. Hal ini berarti diferensiasi produk,
diferensiasi jasa, dan diferensiasi citra berpengaruh secara simultan terhadap
keputusan nasabah memilih produk Tabungan Barokah BPRS Bhakti Sumekar KC
Pamekasan. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai thitung diferensiasi citra sebesar
4,425 > ttabel 1,66071 dan koefisien regresi 0,638 lebih besar dibandingkan variabel
independen lainnya sehingga variabel yang memiliki pengaruh paling dominan
terhadap keputusan nasabah memilih produk Tabungan Barokah BPRS Bhakti
Sumekar KC Pamekasan adalah diferensiasi citra.
Tidak tersedia versi lain