Text
PENGARUH PELAYANAN PRIMA FRONTLINER TERHADAP KEPUASAN NASABAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI KSPPS BMT NU JAWA TIMUR CABANG PROPPO
ABSTRAK
Sufiyatus Salamah, 2020, Pengaruh Pelayanan Prima Frontliner Terhadap
Kepuasan Nasabah Dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Nasabah Di KSPPS
BMT NU Jawa Timur Cabang Proppo, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah,
Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura,
Pembimbing : Dr. H. Rudy Haryanto, SST, MM.
Kata Kunci : Pelayanan Prima, Kepuasan Nasbah, Loyalitas Nasabah
Perkembangan BMT khususnya di Jawa Timur sangat menjanjikan. BMT
memiliki peran penting dalam sektor ekonomi, terutama dalam mendukung usaha
kecil menengah. Semakin ketat persaingan antar BMT, KSPPS BMT NU Jawa
Timur Cabang Proppo dituntut untuk terus berinovasi yaitu dengan memberikan
pelayana prima kepada nasabahnya agar menumbuhkan kepuasan nasabah dan
loyalitas nasabah, sehingga perusahaan mampu memenangkan persaingan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan prima
terhadap kepuasan nasabah, untuk mengetahui pengaruh kepuasan nasabah
terhadap loyalitas nasabah, untuk mengetahui pengaruh pelayanan prima terhadap
loyalitas, untuk mengetahui pengaruh pelayanan prima terhadap loyalitas nasabah
dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening pada BMT NU Jawa Timur
Cabang Proppo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Jalur (Path Analysis) dengan
bantuan SPSS Statistik 26. Populasi yang digunakan adalah nasabah BMT NU Jawa
Timur Cabang Proppo yaitu sebanyak 1.292 orang. Sedangkan sampel yang
digunakan sebanyak 93 responden dengan teknik pengambilan sampel
menggunakan rumus slovin.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelayanan prima berpengaruh
secara signifikan terhadap kepuasan nasabah, diperoleh nilai thitung > ttabel (7,812 >
1,986) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05; (2) kepuasan nasabah berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas nasabah, diperoleh nilai thitung > ttabel (4,530 > 1,986)
dengan tingkat signifikansinya 0,000 < 0,05; (3) Pelayanan prima berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas nasabah, diperoleh nilai thitung > ttabel (4,347 > 1,986)
dengan tingkat signifikansinya 0,000 < 0,05; (4) kepuasan nasabah berpengaruh
signifikan sebagai variabel intervening/mediasi pada pelayanan prima terhadap
loyalitas nasabah. Hasil uji sobel, hasil perhitungan diperoleh nilai t hitung sebesar
3,902600 > t tabel dengan tingkat signifikansi 0,05 yaitu sebesar 1,986.
Tidak tersedia versi lain