Text
IMPLEMENTASI METODE BERCERITA DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL ANAK DI TK TUNAS RIMBA DS.KRAMAT KEC.TLANAKAN KAB.PAMEKASAN
ABSTRAK
Wasilah, 2020, Implementasi Metode Bercerita Dalam mengembangkan Sosial
Anak di TK Tunas Rimba Ds. Kramat Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan, Skripsi
Program Studi PIAUD, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing: Drs. Mosleh Habibullah,
M.Pd
Katakunci:Implementasi Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Sosial Anak
Metode Bercerita merupakan salah satu pemberian pengalaman belajar
bagi anak TK dengan membawakan cerita kepada anak secara lisan, cerita yang
dibawakan guru harus menarik, dan mengundang perhatian anak dan tidak lepas
dari tujuan pendidikan bagi anak TK, bila isi cerita itu dikaitkan dengan dunia
kehidupan anak TK, maka dapat memahami isi cerita itu mereka akan
mendengarkannya dengan penuh perhatian, dan dengan mudah menangkap isi
cerita. Pendidikan Anak Usia Dini adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang
pendidikan dasar yang merupakan salah satu pembinaan yang ditunjukkan bagi
anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun, sosial adalah tingkatan jalinan
interaksi anak dengan orang lain, mulai dari orang tua, saudara, teman bermain,
hingga masyarakat secata luas.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana implementasi metode
cerita dalam mengembangkan sosial anak di TK Tunas Rimba di Ds. Kramat Kec.
Tlanakan Kab. Pamekasan.? Kedua, bagaimanakah perkembangan sosial anak
setelah diterapkannya metode bercerita di TK Tunas rimba Ds. Kramat Kec.
Tlanakan Kab. Pamekasan.? Ketiga, apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi
sosial anak dalam implementasi metode cerita di TK Tunas Rimba Ds. Kramat
Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan. ?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang memaparkan data secara deskriptif,
dengan sumber datanya adalah kepala seklah, guru dan siswa. Prosedur
pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, daan
dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, tringgulasi.
Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa terdapat Implementasi Metode
Bercerita dalam mengembangkan Sosial Anak di TK Tunas Rikmba Ds. Kramat
Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan, mengingat pentingnya sosial bagi anak maka
disarankan guru lembaga untuk selalu memberikan motivasi dan mengingatkan
pentingnya sosial, dan agar guru selalu memberi contoh yang baik. Alankah
baiknya lagi agar orang tua juga ikut memberikan motivasi bagi anakntya
bersosial.
Tidak tersedia versi lain