Text
PERAN GURU PAI DALAMMEMANFAATKAN MASJID SEBAGAI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP PLUS NURUL HIKMAH DESA BARURAMBAT TIMUR KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK`
Khotibul Umam,9102, Peran Guru Dalam Memanfaatkan Masjid Sebagai
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Skripsi Program Studi PAI, Jurusan
IAIN Madura.Pembimbing: Dr. H. Mohammad Hasan, M. Ag.
Kata Kunci: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Masjid, Pembelajaran
Sebagian besar aktivitas pembelajaran di suatu lembaga pendidikan
menggunakan kelas sebagai tempat utama untuk melaksanakan kegiatan belajarmengajar. Sebenarnya ruang kelas tidak berarti apa-apa tanpa adanya sumber
belajar didalamnya, karena ruang kelas hanyalah sebuah tempat atau ruang yang
di isi oleh seorang pengajar dan peserta didik dengan di dukung sarana
prasaranayang ada. Akan tetapi, besar kemungkinankalau pembelajaran di ruang
kelas akan berdampak suasana bosan, jenuh dan tidak menyenangkan peserta
didik. Untuk menjawab persoalan-persoalan yaitu dengan cara menggunakan
alternative guna mempelajari mata pelajaran PAI. Salah satu alternative yang bisa
digunakan selain ruang kelas adalah melalui pembelajaran di Masjid.
Ada tiga permasalahan utama yang menjadi fokus penelitian ini, yaitu: 0.
Bagaimana peran guru PAI dalam memanfaatkan masjid sebagai pembelajaran
PAI; 9. Bagaimana kendala peran guru PAI dalam memanfaatkan masjid sebagai
pembelajaran PAI; 3. Bagaimana hasilnya peran guru dalam memanfaatkan
masjid sebagai pembelajaran
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan
menggunakan jenis penelitian deskriptif. Untuk metode pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode metode
observasi dan wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang proses
pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan masjid sebagai
sumber belajar siswa. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data
tentang sarana-prasarana, dokumen guru dan siswa SMP Plus Nurul Hikmah Desa
Barurambat Timur Kabupaten Pamekasan.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulanbahwa; 0. Peran guru agama
memanfaatkan masjid sebagai pembelajaran merupakan suatu manfaat bagi siswa
karena kadang siswa cenderung bosan teru-terusan berada di dalam kelas. Dan
akhirnya guru mengganti ruang kelas dengan masjid supaya siswa tidak bosan; 9.
Guru mengalami banyak kendala seperti, anak-anak sulit untuk langsung
berkumpul, ketika berkumpul tidak langsung masuk masjid melaikan masih
berbincang sesame siswa, dan tempat berwudhu airnya kadang tidak ada; 3.
Ketika proses pembelajaran di masjid siswa giat belajar dan menaati peraturan dan
tidak ada rasa bosan dan jenuh.
Tidak tersedia versi lain