Text
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MA TARBIYATUN NASYIIN 1 GRUJUGAN LARANGAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Imroatin Shalihah, 2020, Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di MA Tarbiyatun Nasyiin 1
Grujugan Larangan Pamekasan, Sikripsi, Program Studi TIPS, Fakultas
Tarbiyah, IAIN Pamekasan, Pembimbing: Dr. R. Agoes Kamaroellah, M, Si.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, dan Geografi
Pembelajaran Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mencitrakan,
menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisis gejala-gejala alam, perlu seorang guru
dalam proses pembelajaran untuk menggunakan media untuk dapat memotivasi
siswa. Sehingga dengan media pembelajaran sifat dapat termotivasi dengan
membuat proses pembelajaran lebih menarik.
Berdasarkan hal tersebut maka ada dua permasalahan yang akan diteliti,
yaitu pertama adakah pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar
siswa pada mata pelajaran Geografi di MA Tarbiyaun Nasyiin 1 Grujugan
Larangan Pamekasan, kedua seberapa besar pengaruh media pembelajaran
terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di MA Tarbiyatun
Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data diperoleh
melalui angket, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah siswi, guru
Geografi dan Kepala Sekolah MA Tarbiyatun Nasyiin 1. Sedangkan analisis data
yang digunakan yaitu Korelasi Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh media pembelajaran
terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di MA Tarbiyatun
Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan. Hal tersebut dibuktikan dengan lebih
besarnya harga r kerja dibandingkan dengan harga r tabel, yakni perbandingan
antara 0,301 dengan 0,35 pada interval kepercayaan 5 %. Kedua dibuktikan
dengan cara menkonsultasikan harga “r” kerja dengan interpretasi korelasi
product moment, diketahui bahwa nilai “r” kerja sebesar 0, 35 berada pada
rentang interval 0,200 sampai 0,400 dengan interpretasi rendah. Dengan demikian
hipotesis yang diajukan peneliti yang berbunyi “ada pengaruh media pembelajaran
terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di MA Tarbiyatun
Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan dengan interpretasi rendah”
Tidak tersedia versi lain