Text
STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK BERITA PADA SISWA KELAS VIII MTs BUSTANUL ULUM SUMBER ANOM PALENGAAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Ach Nawawi, 2020, strategi pembelajaran peningkatakn kemampuan berpikir (SPPKB) dalm pembelajaran menyimak berita Pada siswa Kelas VIII di MTs Bustanul Ulum Sumber Anom Palengaan Pamekasan. Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia (TBIN), Jurusan Tarbiyah, pembimbing Dr. Usman, M.Pd. I
Kata Kunci, Strategi Pembelajaran, Menyimak Berita
Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber atau kekuatan dalam pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan tertentu. Strategi pembelajaran didalamnya mencakup pendekatan, model,
Adapun fokus penelitian ini yakni pertama, Bagaimana Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dalam Pelajaran Menyimak Berita pada siswa kelas VIII MTs Bustanul Ulum Sumber Anom Palengaan Pamekasan. Dua, Apa saja kendala dalam Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dalam Pelajaran Menyimak Berita pada siswa kelas VIII MTs Bustanul Ulum Sumber Anom Palengaan Pamekasan? Ketiga,Bagaimana cara mengatasi masalah dalam Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dalam Pelajaran Menyimak Berita pada siswa kelas VIII di MTs Bustanul Ulum Sumber Anom Palengaan Pamekasan?.
Sedangkan tujuan dari fokus penelitian ini yakni pertama, Untuk mendeskripsikan Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dalam Pelajaran Menyimak Berita pada siswa kelas VIII MTs Bustanul Ulum Sumber Anom Palengaan Pamekasan. Kedua, Untuk mengetahui kendala dalam Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dalam Pelajaran Menyimak Berita pada siswa kelas VIII MTs Bustanul Ulum Sumber Anom Palengaan Pamekasan. Ketiga,Untuk menemukan cara mengatasi masalah dalam Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dalam Pelajaran Menyimak Berita pada siswa kelas VIII MTs Bustanul Ulum Sumber Anom Palengaan Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer yaitu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, serta siswa kelas VIII di MTs Bustanul Ulum Sumber Anom Palengaan Pamekasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, banyak siswa yang masih mempunyai kemampuan berpikirnya rendah, sedangkan yang mempunyai kemampuan berpikirnya cukup bagus hanya sebagian saja, kedua, kendala yang dihadapi siswa disana yaitu ketika sedang pembelajaran menyimak berita siswa terdekatnya berisik sehingga tidak bisa fokus untuk menyimak. Ketiga, guru bahasa Indonesia di sana menggunakan metode ceramah karena menurutnya dengan metode ceramah siswa bisa aktif dan lebih fokus lagi.
Tidak tersedia versi lain