Text
IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PAI DI SMP ISLAM AL-BASTHI PLAK -PLAK PAMEKASAN
ABSTRAK
Hayyah, 2020, Implementasi Supervisi Akademik dalam Meningkatkan kinerja Guru PAI di
SMP Islam Al Basthi Plak-pak Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan
Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura. Pembimbing: Suwantoro,M.Pd.I.
Kata Kunci: Supervisi Akademik dan Kinerja Guru PAI
Supervisi akademik merupakan upaya kegiatan untuk membantu guru
meningkatkatskillnyadalam mengatur proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan
pendidikan, dengan tujuan mampu meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru dalam
proses belajar mengajar, memberdayakan tim pelaksana supervisi akademik di madrasah,
memfokuskan pada kompetensi pofesional dan kompetensi pedagogik dan mengaktifkan
fungsi dan tanggung jawab serta kewenangankepala Sekolah sebagai pelaku supervisi
dilembaga madrasah. Dengan tugas pokok bahwa supervisor melakukan supervisi, agar
mampu meciptakan guru yang profesional.
Dengan adanya supervisi akademik, penting bagi peneliti untuk melakukan pra
penelitian yang dilakukan di SMP Islam Al Basthi Plak-pak Pamekasan tentang implementasi
supervisi akademik terhadap kinerja guru PAI, bahwa lembaga tersebut melakukan supervisi
akademik dengan bersifat sharing, antara supervisor dengan yang disupervisi. Peneliti
melakukan penelitian di lembaga tersebut dikarenakan penerapan supervisi akademik di SMP
Islam Al basthi Plak-pak Pamekasan bersifat fleksibel dan tidak menoton, bersifat sharing
namun tujuan dari pada supervisi akademik dapat berjalan dengan maksimal.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan
kualitatif peneliti menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan prosedur analisis
statistik atau cara kuantifikasi lainnya. Pendekatan kualitatif yang peneliti pilih adalah
penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Objek analisis yang dipilih oleh
peneliti adalah pada analisis kerja dan aktivitas. Sumber data merupakan data primer, yaitu
data yang diperoleh melalui wawancara kepada pihak-pihak yang memiliki kepentingan, dan
data sekunder, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk dokumen, laporan, dan arsip-arsip
serta buku-buku yang berhubungan dengan pembahasan penelitian.
Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa supervisi akademik Kepala sekolahSMP
Islam Al Basthi dalam meningkatkan kinerja guru PAI dimulai dengan perencanan supervisi
akademik Kepala Madrasahdibentuk dengan mengunakan model pendekatan,dirancang pada
awal semester. Jenis kegiatan identifikasi, analisi dan evaluasi dari tahun sebelumnya. Dalam
implementasi supervisi akademik kepala madrasah yang ditempuh adalah; pendelegasian
wakil kepala sekolah dan tugas supervisi untuk melaksanakan supervisi akademik,
menggunakan teknik supervisi langsung dan tidak langsung meliputi supervisi guru terhadap
kemampuan merencanakan, melaksanakan pembelajaran dan mengevaluasi hasil belajar
dengan membangun komunikasi yang aktif dengan guru, menggunakan pendekatan direktif
maupun kolaboratif, tehnik individu dan kelompok. Implementasi belajar mengajar dilakukan
dengan beberapa komponen diantaranyakurikulum, silabus, program tahunan, program
semester,rencan program, rencana program pembelajaran (RPP), serta materi, metode dan
media pembelajaran. Adapun faktor pendukung adalahtersedianya guru pengampu mata
pelajaran yang terintegrasi dengan MGMP kabupaten yang dapat memfasilitasi guru PAI
dalam melakukan inovasi pembelajaran. Faktor pendukung yang lain adalah adanya
akselerasi pendidikan di pesantren dengan fasilitator yang sama, yaitu guru PAI di SMP
Islam Al Basthi yang juga menjadi tenaga pengajar pesantren dapat berperan penting dalam
melihat perkembangan siswa di bidang keagamaan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah
banyaknya tenaga pengajar termasuk guru PAI yang belum aktif mengoprasikan IT juga
banyaknya lembaga keislaman lain dalam satu wilayah menjadikan faktor penghambat
supervisi akademik karena siswa memilih tempat mengaji di musholla lembaga lain, sehingga
guru- guru di SMP Islam Al-Basthi tidak bisa memantau secara penuh proses pendalaman
agama islam melalui kajian kitab dan ngaji al-Quran.
Tidak tersedia versi lain