Text
MANAJEMEN PROGRAM PENGEMBANGAN SOFT SKILL SISWA OLEH GURU BK DI MTs NEGERI 2 PAMEKASAN
ABSTRAK
Hasanuddin Moh, 2020, Manajemen Program Pengembangan Soft Skill Siswa
Oleh Guru BK di MTs Negeri 2 Pamekasan, Skripsi, Program
Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah,
Pembimbing Dr. M. Muchlis Solichin, M. Ag
Kata Kunci : Manajemen, Soft Skill, Kecakapan Sosial, Bimbingan dan
Konseling
Didalam pendidikan tidak cukup hanya menekankan pada proses dan
penyediaan fasilitas yang mengarah pada penguasaan tekhnologi (hard skill),
tetapi juga harus memfasilitasi tumbuh kembangnya kemampuan non teknis
terhadap siswa. Untuk mewujudkan kemampuan seperti itu pada siswa, maka
pengembangan soft skill menjadi suatu hal yang signifikan. Soft skill tentu
menjadi kebutuhan urgen dalam dunia pendidikan, yang meliputi bagaimana mana
anak didik terampil dalam menerapkan menejemen diri seperti berkomunikasi,
memimpin, membina hubungan dengan orang lain, cara bersikap dan
mengembangkan diri.
Perencanaan program pengembangan soft skill yang dilakukan oleh guru
BK di MTs Negeri 2 Pamekasan dilihat dari kepribadian siswa dan juga
kebutuhan siswa. Dalam langkah ini tidak terlepas dari kerja sama dengan semua
elemen sekolah. Tujuan ini untuk mempermudah kinerja guru BK agar
pelaksanaan yang akan dilaksanakan berjalan dengan efektif.
Dalam pelaksanaan program pengembangan soft skill siswa dilembaga
MTs Negeri 2 Pamekasan dilakukan dengan cara layanan konseling perorangan
atau individual dan layanan bimbingan secara kelompok. Pelaksanaan ini
bertujuan untuk membantu dan membentuk pengembangan soft skill siswa baik
dalam kehidupan pribadi siswa, kehidupan sosial siswa serta membantu siswa
dalam mengembangkan kecakapan sosial, serta sikap dan kerja sama yang baik.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan
kualitatif dan jenisnya deskriptif. Data yang diperoleh yaitu dengan cara
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah,
Tidak tersedia versi lain