Text
PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM DALAM LINGKUNGAN SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN MANGAR 2 TLANAKAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Susilawati, 2020, Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan
Minat dan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN MANGAR 2
Tlanakan Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,
Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Heni
Listiana, M. Pd. I.
Kata Kunci: Sumber Daya Alam, Minat dan hasil Belajar.
Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas
IV SDN Mangar 2 Tlanakan Pamekasan pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya
dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di lingkungan sekolah tersebut. Permasalahan
yang menjadi kajian di sini yaitu bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran dengan
memanfaatkan sumber daya alam yang ada di lingkungan sekolah pada pembelajaran IPA siswa
kelas IV SDN Mangar 2 Tlanakan Pamekasan, dan bagaimana hasil pemanfaatan sumber daya
alam yang ada di lingkungan sekolah terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas IV SDN
Mangar 2 Tlanakan Pamekasan.
Guna menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus. Tiap siklusnya yang merupakan rangkaian kegiatan yang
terdiri dari 1) Perencanaan, untuk mengidetifikasi masalah dan merencanakan kegiatan
pembelajaran. 2) Implementasi Tindakan, melaksanakan pembelajaran materi bagian-bagian
tumbuhan dan fungsinya. 3) Observasi, pengambilan data tentang minat dan hasil belajar siswa
melalui tes dan lembar observasi siswa. 4) Refleksi, meganalisis data hasil kegiatan. Subyek
dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV-B SDN Mangar 2 Tlanakan Pamekasan yang
berjumlah 24 siswa, yang terdiri dari 14 siswa laki-laki, dan 10 siswa perempuan. Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) ini memanfaatkan Sumber Daya Alam berupa tumbuhan pada saat
pembelajaran tematik, tema 3 (Peduli Terhadap Mkhluk Hidup), sub tema 1 (Hewan dan
Tumbuhan di Lingkungan Rumahku), pembelajaran 3, fokus pembelajaran IPA, materi bagianbagian tumbuhan dan fungsinya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, proses pelaksanaan pembelajaran
dengan memanfaatkan Sumber Daya Alam yang ada di lingkungan sekolah SDN Mangar 2
berjalan dengan baik, sebagaimana terlihat setiap siklusnya. Kedua, pemanfaatan Sumber Daya
Alam dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini minat dan hasil
belajar siswa dapat meningkat, dilihat dari hasil tes dan juga lembar pengamatan aktivitas belajar
siswa. Dari hasil tes yang dilakukan pada setiap siklus, siklus I siswa yang tuntas sebanyak 16
siswa atau 67% dengan nilai rata-rata 71. Pada siklus II meningkat menjadi 21 siswa yang tuntas
atau 87% siswa yang tuntas, dan 3 yang tidak tuntas. Sedangkan hasil pengamatan aktivitas
belajar siswa juga meningkat yang mana pada siklus I yang memperoleh predikat A sebanyak 1
siswa, yang medapatkan predikat B 16 siswa, dan yang mendapatkan predikat C 7 siswa. Pada
siklus II meningkat yaitu yang mendapat predikat A sebanyak 6 siswa, dan yang mendapat
predikat B sebanyak 18 siswa. Nilai akhir dari pelaksanaan siklus I dan II memberi bukti bahwa
Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Lingkungan Sekolah Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas
IV SDN Mangar 2 Tlanakan Pamekasan mengalami peningkatan.
Tidak tersedia versi lain