Text
STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SDM DI MTs AZ-ZUBAIR SUMBER ANYAR LARANGAN TOKOL TLANAKAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Kurratul Aini, Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu SDM di MTs Az-Zubair Sumber Anyar Larangan Tokol Tlananakan Pamekasan. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Jamiluddin Usman, M. Pd
Kata kunci: Strategi, Kepala Madrasah, Sumber Daya Manusia
Keberadaan sumber daya manusia yang berkualitas sangat penting bagi kemajuan suatu madrasah. Madrasah dengan saran dan prasarana yang memadai serta fasilitas yang lengkap tanpa dukungan oleh kemampuan sumber daya manusia, niscaya madrasah tidak akan maju dan berkembang. Kepala madrasah sebagai pemimpin di lembaga pendidikan berkewajiban melakukan pembinaan terhadap sumber daya manusia yang ada agar memiliki kemampuan yang berkualitas. Maka peran kepala madrasah merupakan unsur vital untuk kemajuan suatu madrasah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia di MTs Az-Zubair Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan, mengetahui faktor pendukung strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia di MTs Az-Zubair Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan, dan mendeskripsikan faktor penghambat strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia di MTs Az-Zubair Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Peniliti bertindak sebagai instrumen atau pengumpul data, dan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Informannya adalah Kepala Sekolah dan Guru. Adapun analisis data dalam penelitian kualitatif adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia menggunakan beberapa strategi, yaitu perekrutan yang sesuai prosedur sekolah, mengikutsertakan para sumber daya manusia dalam forum ilmiah (seminar, diklat, workshop), MGMP, penilaian kinerja sebagai evaluasi pada kinerja sumber daya manusia di lembaga tersebut. Kedua, faktor yang mendukung strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia di MTs Az-Zubair Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan adalah fasilitas yang memadai, keterlibatan para guru, serta bekerjasama dengan lembaga-lembaga diklat. Ketiga, faktor yang menghambat strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia di MTs Az-Zubair Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan adalah komunikasi antara sesama rekan kerja yang kurang baik, kurangnya pendanaan, dan kurangnya kesadaran diri tentang keprofesionalan guru.
Tidak tersedia versi lain