Text
MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE IQRO’ PADA ANAK USIA DINI DI PAUD AL-MIFTAH KLOMPANG TIMUR PAKONG PAMEKASAN
ABSTRAK
Imroatus Sholehah, 2019, Manajemen Pebelajaran Al-Qur’an Menggunakan Metode Iqro’ Pada Anak Usia Dini di PAUD Al-Miftah Desa Klompang Timur Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing Jamiluddin Usman. M.Pd.I
Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an dan Metode Iqro’
Al-Qur’an ialah firman Allah berupa wahyu yang disampaikan oleh jibril kepada nabi Muhammad SAW Al-Qur’an adalah kitab suci ummat islam proses pembelajaran dapat tercapai secara utuh efektif dan efesien metode iqro’ adalah suatu suatu metode membaca Al-Qur’an yang mengenalkan langsung pada latihan membaca.
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kunci pokok dalam penelitian ini Pertama, bagaimana perencanaan pembelajaran metode Iqro’ pada siswa di PAUD Al-Miftah. Klompang Timur Pakong Pamekasan Kedua, Bagaimana pelaksanaan pembelajaran metode Iqro’ pada anak usia dini di PAUD Al-Miftah Klompang Timur Pakong Pamekasan Ketiga, Bagaimana evaluasi pembelajaran metode Iqro’ di PAUD Al-Miftah Klompang Timur Pakong Pamekasan.
Peneliti ini merupakan penelitia kualitatif, jenis penelitian ini dikatagorikan penelitian lapangan (fied reseach) berdasarkan pendekatannya adalah fenomenologis Adapun yang yang menjadi subjek penelitian ini adalah : Kepala sekolah PAUD dan Guru PAUD. Pengumpulan data dilakukan mengadakan observasi partisipan, wawancara tidak tersetruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data pengecekan keabsahan data mengunakan perpanjangan kehadiran peneliti, obeservasi yang diperdalam, triangulasi, uraian rincia.
Hasil peneliti menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan yang harus dipersiapkan adalah: setiap guru harus mempersiapkan semua perangkat pembelajaran, kriteria ketentuan minimal, silabus program tahunan (Prota), program semester, rencana pembelajaran mingguan (RPPM), rencana pembelajaran harian (RPPH) dan evaluasi program pembelajaran dan yang perlu dipersiapkan dalam pelaksanaan metode Iqro’ ini adalah buku Iqro’ dan media. Kedua, bagaimana pelaksanaan pembelajaran yaitu dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an, diawali dengan pembukaan yaitu membaca do’a sebelum pelajaran dimulai dan mengeluarkan buku iqro’, selanjutnya pada kegiatan inti anak satu persatu menghadap ke guru untuk diajari mengaji, kemudiaan pada kegiatan penutup anak di ajak membaca sura-surat pendek dan membaca do’a sesudah belajar. Ketiga, evaluasi pembelajaran yaitu evaluasi anak melalui bagaimana perkembangannya dalam membaca atau prestasinya, dapat dilihat dari tahun ketahun atau dari waktu kewaktu, kalau ada perubahan berarti kegiatan pemeblajarannya ini jalan dan perlu selalu diperbaiki.
Tidak tersedia versi lain