Text
OPTIMALISASI PEMBIAYAAN PENDIDIKAN MELALUI PENGELOLAAN ANGGARAN MADRASAH DI MTSN 2 PAMEKASAN
v
ABSTRAK
Finawati, 2020, Optimalisasi Pembiayaan Pendidikan melalui Pengelolaan Anggaran
Madrasah di MTs Negeri 2 Pamekasan, Skripsi, Program Studi MPI, Fakultas Tarbiyah,
Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Dr. H. Ali Nurhadi, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Pembiayaan Pendidikan, Pengelolaan Anggaran
Pembiayaan adalah penyediaan uang yang digunakan untuk tujuan tertentu dan
pertimbangan tertentu pula dalam menggunakannya. Pembiayaan pendidikan adalah
komponen penting dan tidak dapat dipisahkan dalam penyelenggaraan proses belajar
mengajar. Pembiayaan pendidikan dapat diupayakan lebih efektif dengan menggunaan
penyusunan anggaran, sehingga pemborosan dan alokasi yang tidak sesuai dapat dihindari.
Dengan adanya pengelolaan anggaran maka hal ini merupakan langkah positif untuk
merealisasikan rencana yang telah ditetapkan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga pembahasan yang menjadi fokus dalam
penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana strategi kepala madrasah dalam mengoptimalkan
pembiayaan pendidikan melalui pengelolaan anggaran sekolah di MTsN 2 Pamekasan;
kedua, apa saja foktor pendukung dalam optimalisasi pembiayaan pendidikan melalui
pengelolaan anggaran sekolah di MTsN 2 Pamekasan; ketiga, apa saja faktor penghambat
dalam optimalisasi pembiayaan pendidikan melalui pengelolaan anggaran sekolah di MTsN 2
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data
diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala
sekolah, kepala tata usaha, bendahara, operator, dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan
data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, penggunaan bahan referensi, dan
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi kepala madrasah dalam
mengoptimalkan pembiayaan pendidikan melalui pengelolaan anggaran sekolah yaitu kepala
madrasah berperan sebagai Kuasa Pengguna Anggaran. Jadi segala pengeluaran dan kegiatan
pembelanjaan harus dalam pantauan kepala madrasah dan sebagai KPA harus mampu
memonitor segala yang berkaitan dengan pembiayaan dan anggaran. Kedua, foktor
pendukung dalam optimalisasi pembiayaan pendidikan melalui pengelolaan anggaran sekolah
yaitu sumberdaya yang memadai baik sarana maupun dana dan orang-orang yang kompeten
didalamnya. Ketiga, faktor penghambat dalam optimalisasi pembiayaan pendidikan melalui
pengelolaan anggaran sekolah yaitu alokasi yang kurang strategis, ditundanya kegiatan
sekolah.
Tidak tersedia versi lain