Text
STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 OMBEN SAMPANG
ABSTRAK
Siti Fatimah, 2020, Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Omben Sampang, Skripsi, Fakultas Tarbiyah Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Hasan Basri, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi, Motivasi, IlmuPengetahuanSosial.
Dari hasil penelitian awal penulis melihat SMPN 1 Omben Sampang mengalami peningkatan dalam waktu yang yang relatif singkat dibandingkan dari lembaga pendidikan sekitarnya. Menilik dari fenomena tersebut penulis merasa tertarik untuk mengkaji lebih inten tentang strategi guru dalammenumbuhkanmotivasibelajarsiswamatapelajaran IPS.
Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi yang diterapkan guru dalammenumbuhkanmotivasibelajarsiswamatapelajaran IPS di SMPN 1 Omben?; (2)Apasajafaktor yang mempengaruhi guru dalammemilihstrategiuntukmenumbuhkanmotivasibelajarsiswamatapelajaran IPS di SMPN 1 Omben?
Untukmenjawab fokus penelitian ini, dilakukan penelitian deskriptifkualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian dipilih SMPN 1 Omben. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles danHubermandengan 4 langkah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan.
Hasil peneltian menujukkan bahwaStrategi yang diterapkan oleh guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Omben ialahmenggunakan strategi pembelajaran yang bervariatifseperti Problem Based Learning (PBL), Discovery Inquiry, ceramah, tanya jawab dan diskusi.Dilaksanakansebagaimanalangkah-langkahmetode-metodetersebutseharusnyaditerapakan.Adapun faktor yang mempengaruhi guru dalam memilih strategi diantara berbagai faktor yang mempengaruhi adalah tujuan yang ingin dicapai, bahan atau materi pembelajaran, kebutuhan siswa dan ketersediaan sarana dan prasarana.
Penelitimenyarankan agar menerapkan strategi pembelajaran tidakmelupakan pendidikan karakter dannilai-nilai spiritual. Serta merangsang dan memberikan dorongan serta reinforcement untuk mendinamiskan potensi siswa, menumbuhkan swadaya (aktivitas) dan daya cipta (kreativitas), sehingga akan terjadi dinamika didalam proses belajar mengajar.Dan disarankan agar guru aktif mengikuti kegiatan dari pemerintah maupun sekolah, seperti penataran, workshop yang terkait dengan strategi pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain