Text
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI BUGIH 3 PAMEKASAN
ABSTRAK
MaulidiyahMiftahatulRohmah,2020,HubunganMotivasiBelajardengan
HasilBelajarPadaMataPelajaranMatematikaKelasIVdiSDNegeriBugih
3Pamekasan,SkripsiProgramStudiPendidikanGuruMadrasahIbtidaiyah,
FakultasTarbiyah,IAIN Madura,Pembimbing:Dr.H.AliNurhadi,S.pd.,
M.pd.
.
Katakunci:MotivasiBelajar,HasilBelajarMatematika.
Motivasisangatberperanpentingdalam belajarkarenadengan
motivasisiswa menjadisemangatdan tekun dalam proseskegiatan
belajarmengajarkhususnya pada mata pelajaran matematika yang
dianggap sulitkarena didominasidengan angka-angak dan rumus.
Sehinggadenganmotivasikualitashasilbelajarsiswadapatdiwujudkan
denganbaik.Makadarihaltersebuttingginyamotivasidalam belajar
berhubungandengantingginyahasilbelajar.
Berdasarkan permasalahan tersebutmaka ada 3 pokok yang
menjadirumusan masalah dalam penelitian ini:Pertama,bagaimana
deskriptifkuantitatiftentangmotivasibelajarkelasIVSDNegeriBugih3
Pamekasan;Kedua,bagaimanadeskriptifkuantitatiftentanghasilbelajar
matematikakelasIV SD Negeribugih 3 Pamekasan;Ketiga,adakah
hubunganantaramotivasibelajardenganhasilbelajarmatematikakelas
IVSDNegeriBugih3Pamekasan.
Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatif.Jenispenelitian
inikorelasiyaitupenelitiandeskriptifuntukmencariduafaktorpada
sekelompoksubjekpenelitian.MotivasibelajarsebagaivariabelXdan
hasilbelajarmatematika sebagaivaribelY.Populasipenelitian yaitu
seluruhkelasIV SD NegeriBugih3Pamekasansebanyak86dengan
sampelsebanyak44siswayangditentukandenganteknikproporsional
random samplingdengancaradiundidisetiap tingkatankelasyang
diambil50%.Instrumentyangdigunakanyaituinstrumentlembarangket
untukmengukurvariabelXdanpedomandokumentasiuntukmengukur
variabelY.Validitas dan reabilitas digunakan untuk mengujiangket
dengan menggunakan bantuan SPSS versi21.Teknik analisis data
menggunakanrumusproductmomentdanrumusT.
Hasilanalisis data penelitian dengan rumus productmoment
menunjukkannilaikorelasisebesar0,638bertandapositifatausearah.Hal
inidapatdilihatdandibandingkandenganrtabelpadaintervalkepercayaan
95% dan tingkathubungan berada diantara 0.600-0.799 yang berarti
terdapathubunganyangkuatantaramotivasibelajardenganhasilbelajar
padamatapelajaranmatematikayangberlakuuntuksampel.Pengujian
lanjutandenganrumusTuntukmengeneralisasikanantarasampelke
populasidandiketahuinilaikorelasisebesar5.678danterlihatbahwat
hitung >ttabel(5.678>2.015),sehinggahipotesisnol(H0)ditolakdan
vi
hipotesisalternatif(Ha)diterima.Artinyaterdapathubunganyangpositif
dansignifikanantaramotivasibelajardenganhasilbelajarpadamata
pelajaranmatematikakelasIVdiSDNegeriBugih3Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain