Text
UPAYA GURU PAI DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA SOPAN SANTUN SISWA DI SMA NEGERI GALIS PAMEKASAN
ABSTRAK
Ayu Sri Handayani, 2020,Upaya Guru PAI DalamMenciptakanBudayaSopanSantunSiswa Di SMAN I GalisPamekasan, Skripsi, Program StudiPendidikanAgama Islam, FakultasTarbiyah,Institut Agama Islam Negeri,Pembimbing: Sri Nurhayati, M.Pd.
Kata Kunci: Guru PAI,Menciptakan,BudayaSopanSantun.
Tujuanutamasopansantunadalahmembentukakhlakataubudipekerti yang baik.Dalam era globalisasisaatinidapatmengetahuiinformasidengancepat. Kita sebagaiwargadunia global tentusajatidakmungkinuntukmenghindaritantangan yang beradadi depankita. Jikatidakdapatmemilih yang baikmakadapatmenurunkanakhlakdalamkalanganpelajar.Olehkarenaitudiketahui SMAN I GalisPamekasansudahadaaturan yang dipakaisebagaiupayamenciptakanbudayasopansiswa.Atasdasarkeinginanbesarlembagapendidikankhususnya guru PAIdalammengadakanbudayasikapsopansiswabertujuanuntukmeningkatkanakhlakulkarimahkhususnyasikapsopansiswaterhadap guru.
Ada tigafokus yang menjadikajianutamapenelitianini, yaitu.Pertama, bagaimanabudayasopansantunsiswa di SMAN I GalisPamekasankedua,bagaimanaupaya guru PAI dalammenciptakanbudayasopansantunsiswa di SMAN I GalisPamekasanketiga,apafaktorpendukungdanpenghambat guru PAI dalammenciptakanbudayasopansantunsiswa di SMAN IGalisPamekasan.
Penelitianinimenggunakanpenelitiankualitatifdenganjenisdeskriptif.Sumber data yang diperolehmelaluiwawancara, observasidandokumentasi.Informannyaadalah guru PAI dansiswa.Sedangkanpengecekkankeabsahan data dilakukanmelaluiperpanjangankeikutsertaan, ketekunanpengamatan, triangulasi, danuraianrinci.
HasilpenelitianinididapatkantentangUpaya Guru PAI DalamMenciptakanBudayaSopanSantunSiswa Di SMAN I adalahpertama,budayasopansantunsiswa Di SMAN I GalisPamekasanyang harusdilakukansiswayaituturundarikendaraanketikaberadadilokasisekolah, berbicara yang sopandengan guru, berseragamrapidanmenutupaurat, siswabersalamandengan guru sesuaijeniskelaminnyaketikabertemu guru dilingkungansekolah. Kedua,upaya guru PAI dalammeciptakanbudayasopansantundenganketeladanan gurusepertidalamberbicara, berperilaku, danberpakaian,memberikannasihat, memberikansanksi/hukuman (pemberianskors).Ketiga,faktorpendukungadalahkerjasamadengangurudanpemberiansanksiatauhukuman yang tidakmemihak.Faktorpenghambatadalahkurangnyakepedulianguru danpergaulan di luarsekolah.
Tidak tersedia versi lain