Text
Minat Membaca Siswa di Perpustakaan SMPN 3 Pamekasan
ABSTRAK
Jamiatus Sulistiana, 2020, Minat Membaca Siswa di Perpustakaan SMPN 3
Pamekasan, Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah,
IAIN Madura, Pembimbing: Moh. Hafid Effendy, M.Pd.
Kata Kunci: Minat, Membaca, Perpustakaan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 3 Pamekasan terdapat beberapa masalah yang terjadi
mengenai minat membaca siswa di perpustakaan yang kini masih kurang.
Sehingga perlu adanya upaya atau cara mengatasi dalam meningkatkan minat
membaca siswa di perpustakaan SMPN 3 Pamekasan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana minat membaca siswa di
perpustakaan SMPN 3 Pamekasan; kedua, apa saja faktor penghambat minat
membaca siswa di perpustakaan SMPN 3 Pamekasan; dan ketiga, cara mengatasi
faktor penghambat minat membaca siswa di perpustakaan SMPN 3 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya
adalah fenomenologis. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru bahasa indonesia,
pustakawan, dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, minat membaca siswa di
perpustakaan SMPN 3 Pamekasan masih tergolong rendah. Hal tersebut dapat
dibuktikan dengan sedikitnya siswa yang berkunjung ke perpustakaan untuk
membaca dan mencari referensi lain yang berkaitan dengan pembelajarannya,
namun harapan besar selalu kami nanti-nantikan semoga secepatnya siswa-siswi
yang ada di sekolah ini sadar bahwa begitu pentingnya belajar da berkunjung ke
perpustakaan untuk membaca guna memperoleh dan menambah ilmu pengetahuan
juga memanfaatkan keberadaan perpustakaan. Selain itu memang ada beberapa
siswa yang berkunjung ke perpustakaa untuk membaca, tetapi siswa tersebut
membaca bukan mengenai studi pembelajarannya. Kedua, perpustakaan SMPN 3
Pamekasan masih terdapat permasalahan yang timbul dalam fasilitas perpustakaan
sehingga menyebabkan kurangnya minat siswa untuk membaca. Permasalahannya
juga banyak siswa yang tidak memanfaatkan waktu untuk membaca di
perpustakaan. banyak faktor yang menghambat minat membaca siswa di
perpustakaan SMPN 3 Pamekasan yaitu kurangnya sarana prasarana yang ada di
perpustakaan, tidak adanya tandon-tandon referensi, kurangnya komputer digital,
koleksi-koleksi buku yang terbatas dan lain-lain. Ketiga, banyak cara mengatasi
siswa untuk meningkatkan minat bacanya yaitu dengan cara mengadakan literasi
membaca. setiap masuk kelas sebelum awal memulai pelajaran siswa dibiasakan
membaca buku terlebih dahulu agar siswa lebih terbiasa dan akan muncul minat
dalam diri siswa. Kemudian hal terpenting untuk cara mengatasi minat baca siswa
guru dan orang tua juga harus memberikan arahan dan memotivasi agar siswa
lebih giat, rajin belajar dan minat dalam membaca.
Tidak tersedia versi lain