Text
ANALYSIS PELAKSANAAN STRATEGI MARKETING DOOR TO DOOR DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS ANGGOTA DI KSSP SYARIAH BMT NU CABANG GALIS
ABSTRAK
A Zaki Mubarok, 2020. Analisis Pelaksanaan Strategi Marketing Door to Door
dalam Meningkatkan Loyalitas Anggota di KSPP Syariah BMT NU
Cabang Galis. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam. IAIN Madura. Pembimbing: Dr. H. Nashar,
S.E., MM., M.Si
Kata Kunci: Marketing Door to Door dan Loyalitas
Banyaknya badan usaha yang bergerak dibidang simpan pinjam membuat
persaingan pasar semakin ketat sehingga salah satu strategi yang dilakukan KSPP
Syariah cabang Galis untuk mempertahankan loyalitas anggotanya yaitu dengan
memberikan pelayanan marketing terbaik adalah dengan strategi marketing door to
door. Strategi marketing door to door merupakan bagian dari strategi bauran
pemasaran yang berada pada promosi, dilaksanakan oleh perusahaan dalam rangka
memasarkan produk.
Permasalahan yang menjadi pokok dalam penelitian ini yaitu, pertama
bagaimana pelaksanaan strategi marketing door to door dalam meningkatkan
loyalitas anggota; kedua, bagaimana Kendala-kendala pelaksanaan strategi
marketing door to door dalam meningkatkan loyalitas anggota; ketiga, bagaimana
evaluasi pelaksanaan strategi marketing door to door dalam meningkatkan loyalitas
anggota di KSPP Syariah BMT NU Cabang Galis? Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan yaitu petugas marketing,
karyawan dan nasabah KSPP Syariah BMT NU cabang Galis sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Sebelum turun ke lapangan
untuk menawarkan produk hal pertama yaitu memahami produk yang akan
ditawarkan kepada masyarakat. Menentukan target lokasi pemasaran, dan
mengenali kebutuhan calon anggota. Setelah sampai dilapangan, memahami
kondisi dan situasi dari anggota. Memahami arah pembicaraan. Pegawai harus lebih
aktif menawarkan produk dari KSPP Syariah BMT NU Cabang Galis. Kedua,
Kurangnya waktu pemasaran produk kepada masyarakat. Kurangnya waktu
sosialisasi. Banyaknya masyarakat yang masih meragukan kualitas dari KSPP
Syariah BMT NU Cabang Galis. Masyarakat masih percaya kepada sistem nonlembaga. Proses promosi yang belum menyebar ke seluruh daerah. Kelemahan dari
pelaksanaan marketing door to door yaitu Service excellent yang diberikan kepada
anggota ketika menarik tabungan. Sedangkan kelebihan dari strategi marketing
door to door yaitu banyak memperoleh nasabah dalam satu wilayah.
Mempermudah anggota dalam menyetorkan tabungan maupun menarik angsuran.
Ketiga, evaluasi yang harus diperhatikan oleh Pihak KSPP Syariah BMT NU
Cabang Galis yaitu tidak boleh merasa jemu dan mengeluh saat harus menunggu
anggota yang sedang tidak berada dirumah. Transaksi online yang kurang diterima
oleh masyrakat. Silaturrahmi terhadap anggota harus tetap berjalan. Banyaknya
tempat sasaran yang harus didatangi oleh petugas KSPP Syariah BMT NU Cabang
Galis, akan membuat petugas menjadi tidak fokus ke dalam ruang lingkupnya.
Tidak tersedia versi lain