Text
GADGET DI SEKOLAH BERBASIS PESANTREN (FENOMENA PELANGGARAN PENGGUNAAN GADGET DI MA AL-HUDA SUMBER NANGKA LARANGAN PAMEKASAN)
ABSTRAK
Hafidatur Rahmaniyah, 2019, Gadget Di Sekolah Berbasis Pesantren (Fenomena Pelanggaran Penggunaan Gadget Di MA Al-Huda Sumber Nangka Larangan Pamekasan), Progam Studi Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam, Pembimbing: H. Muhammad Jamaluddin, M.Pd.
Kata Kunci: Gadget, Sekolah, Perilaku, Pelanggaran
Pelanggaran merupakan suatu tingkah laku yang menyimpang dari perbuatan yang tidak sesuai dengan aturan yang ada di lingkungan masyarakat. Pelanggaran dapat dipicu dari penggunaan gadget oleh siswa di sekolah. Penggunaan gadget dapat menimbulkan dampak positif dan dampak negatif bagi siswa di sekolah. Di MA Al-Huda Sumber Nangka tidak diperbolehkan untuk membawa barang elektronik seperti gadget. Hal ini merupakan peraturan dan tata tertib dari sekolah. Namun yang terjadi adalah masih banyak siswa membawa gadget ke sekolah.
Penelitian ini memfokuskan pada pertama, bagaimana pelanggaran penggunaan gadget terhadap norma-norma pesantren di MA Al-Huda Sumber Nangka Larangan Pamekasan? dan kedua, apa saja dampak penggunaan teknologi informasi gadget dikalangan siswa terhadap pelanggaran penggunaan gadget di MA Al-Huda Sumber Nangka Larangan Pamekasan?
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui pelanggaran yang dilakukan siswa MA Al-Huda Sumber Nangka Larangan terhadap norma-norma pesantren karena menggunakan gadget di sekolah dan kedua, untuk mengetahui dampak penggunaan teknologi informasi gadget dikalangan siswa terhadap pelanggaran penggunaan gadget di MA Al-Huda Sumber Nangka Larangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, pelanggaran yang dilakukan siswa MA Al-Huda Sumber Nangka Larangan terhadap norma-norma pesantren karena menggunakan gadget di sekolah antara lain: siswa tidak menghormati guru di sekolah, siswa akan cenderung menggunakan HP untuk keperluan bermain dan hiburan, siswa mudah melakukan kegiatan yang ditunjukkan oleh HP, siswa mengakses konten pornografi dan pornoaksi, siswa sering keluar tanpa ijin, siswa tidak memperhatikan pelajaran dan siswa tidak sholat berjemaah. Kedua, dampak negatif penggunaan gadget di kalangan siswa MA Al-Huda Sumber Nangka antara lain menjadi pribadi tertutup, kesehatan otak terganggu, suka menyendiri, perilaku kekerasan, pudarnya kreativitas dan cyber bullying. Dampak positif penggunaan gadget di kalangan siswa MA Al-Huda Sumber Nangka antara lain gadget dapat mempermudah komunikasi dengan orang lain, menambah pengetahuan, menambah teman dan mempermudah melaksanakan tugas.
Tidak tersedia versi lain