Text
STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IX SMP AL-MA’RUF DI DESA GUNUNG KESAN KARANG PENANG SAMPANG
ABSTRAK
Sufiah,2020,strategi guru dalam meningkatkan keterampilan membaca
pemahaman siswa kelas IX SMP Al-Ma’ruf di Desa Gunung Kesan Karang
Penang Sampang, Skripsi,Prodi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah,
Pembimbing: Moh Hafid Effendy M.Pd.
Kata Kunci: Strategi Guru, Keterampilan Membaca Pemahaman
Strategi pembelajaran merupakan sebuah perencanaan yang berisi
serangkaian kegiatan yang didesain secara khusus oleh seorang guru untuk
mencapai sebuah tujuan pembelajaran tertentu. Dalam pendidikan formal, guru
sebagai administrator untuk mengarahkan siswanya mecapai sebuah tujuan
pembelajaran salah satunya kegiatan membaca. Kegiatan membaca disini bukan
hanya sekedar membaca tapi bisa memahami dari isi bacaannya. Oleh karena itu,
agar keterampilan membaca pemahaman itu bisa dimiliki oleh siswa, guru
diharapkan mempunyai strategi dalam meningkatkan keterampilan membaca
pemahaman. Penelitian ini dilatar belakangi adanya siswa yang masih kurang
memahami isi bacaan, maka dari itu seorang guru diharapkan memiliki strategi
untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman.
Berdasarkan hal diatas, maka ada permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini yaitu:pertama, bagaimana strategi guru dalam
meningkatkan keterampilan membaca pemahaman ,kedua, apa saja kendala guru
dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman , ketiga, bagaimana
solusi guru dalam menghadapi kendala dalam meningkatkan keterampilan
membaca pemahaman siswa kelas IX SMP Al-Ma’ruf.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
peneitian deskriptif. Sumber datanya diperoleh dari kepala sekolah, guru serta
siswa kelas IX SMP Al-Ma’ruf. Sedangkan prosedur pengumpulan datanya
melalui wawancara,observasi,dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan
keabsahan datanya dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru Bahasa
Indonesia dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas
IX yaitu guru Bahasa Indonesia kelas IXA menggunakan strategi KWL dan
kelas IXB menggunakan strategi SQ3R. Sedangkan kendala yang dihadapi oleh
guru Bahasa Indonesia baik kelas dalam meningkatkan keterampilan membaca
pemahaman yaitu kendala yang timbul dari faktor intern siswa dan ekstern siswa.
yang mencakup malas untuk membaca, terpengaruh dengan teman sebangkunya
yang malas untuk membaca, dan memang ada beberapa siswa yang tingkat
pemahamannya rendah sehingga sulit untuk memahami isi bacaan. Sedangkan
solusi yang dilakukan oleh guru untuk menghadapi kendala yang ada yaitu guru
melakukan pendekatan individual, edukatif dan pembiasaan. Sedangkan
pendekatan yang dilakukan disesuaikan dengan permasalahan yang terjadi pada
siswa.
Tidak tersedia versi lain