Text
PENGGUNAAN METODE TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PADEMMAWU TAHUN PELAJARAN 2019/2020
ABSTRAK
Endang Susilawati, 2020, Penggunaan Metode Talking Stick Dalam
Pembelajaran Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1
Pademawu Tahun Pelajaran 2019/2020, Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Program
Studi Tadris Bahasa Indonesia, Institut Agama Islam Negeri Madura,
Pembimbing: Moh. Hafid Effendy, M.Pd.
Kata Kunci: Metode Talking Stick , Keterampilan Berbicara.
SMP Negeri 1 Pademawu terletak pada Jln Pademawu Barat yang
mengedepankan pendidikan karakter dan juga cinta terhadap lingkungan. Akan
tetapi, siswa SMP Negeri 1 Pademawu pada pembelajaran Bahasa Indonesia
bahwa keterampilan berbicanya masih rendah. Seperti saat di kelas, guru
melakukan kegiatan tanya jawab. Anak berbicara dengan asal, dan anak belum
konsentrasi. Hanya beberapa anak saja yang mampu berbicara dengan tepat.
Ketermpilan berbicara anak dapat diasah melalui berbagai cara. Salah satu cara
yang digunakan yaitu menggunakan metode talking stick karena dengan
menggunakan metode tersebut proses pembelajaran lebih maksimal menarik
sehingga keterampilan berbicara anak akan berkembang dengan optimal.
Penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian, yaitu, pertama, Bagaimana
penggunaan metode talking stick dalam pembelajaran keterampilan berbicara
siswa kelas VIII , kedua , Bagaimana respon siswa setelah penggunaan metode
talking stick dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas VIII , ketiga,
Apa saja faktor penghambat dan pendorong dalam pembelajaran keterampilan
berbicara siswa kelas VIII.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber datanya adalah guru serta siswa kelas VIII. Adapun prosedur
pengumpulan data dengan cara wawancara tidak terstruktur, observasi non
partisipan, serta dokumentasi. Kemudian dilakukan analisis data untuk
mendapatkan jumlah temuan penelitian. Sedangkan pengecekan keabsahan data
dilakukan dengan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan,
triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Penerapan metode
talking stick dalam pembelajaran ketrampilan berbicara siswa kelas VIII pada
mata pelajaran Bahasa Indonesia dilakukan dengan beberapa langkah-langkah
yang cukup mudah di aplikasikan sehingga dapat lebih mengasah siswa untuk
lebih memahmi mengenai materi yang telah di sampaikan oleh guru juga dapat
mengasah siswa dalam meningkatkan ketermpilan berbicara. Kedua Respon siswa
setelah penggunaan metode talking stick dalam pembelajaran keterampilan
berbicara siswa kelas VIII sangat baik karena bisa membuat siswa senang dan
antusiasme dalam proses pembelajaran, membuat siswa untuk berani berbicara di
depan temannya, juga dengan pembelajaran metode talking stick siswa cepat
paham pada penyampaian materi pembelajaran. Ketiga, Faktor penghambat
penggunaan metode talking stick siswa kelas VIII guru merasa kesulitan dalam
mengemas KBM,guru merasa kesulitan dalam menjaga ketenangan kelas. Adapun
faktor pendukungnya, siswa merasa tidak bosan dalam mengkuti pembelajaran,
siswa mampu berfikir kritis. Siswa juga mampu membangun kerjasama dan
komunikasi yang baik, dan keterampilan berbicara siswa meningkat.
Tidak tersedia versi lain