Text
PELAKSANAAN KONTRAK UPAH BURUH TANI DI DESA PRENDUAN KECAMATAN PRAGAAN KABUPATEN SUMENEP DALAM PERSPEKTIF KEADILAN EKONOMI ISLAM
ABSTRAK
Syamsiyah, 2019, Pelaksanaan Strategi Bauran Pemasaran Usaha Keramik Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam di Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing; Dr. Eko Ariwidodo, M.Phil.
Kata kunci : Strategi Bauran Pemasaran dan Etika Bisnis Islam
Fenomena yang ada di Desa Larangan Badung yang bertempat di jalan raya Palengaan, dimana disana terdapat beberapa persaingan yag sama-sama menjual keramik yang yang sama. Tentu ada dampak positif dan negatif bagi perusahaan disana. Ditengah persaingan yang sangat ketat tak jarang para pelaku bisnis melaukan kecurangan untuk dapat bertahan. Sehingga dalam pelaksaan strategi bauran pemasaran apakah sesuai dengan Etika bisnis Islam yang dipahami sebagai seperangkat prinsip moral yang membedakan antara benar dan salah.
Berdasarkan hal tersebut, ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana pelaksanaan strategi bauran pemasaran usaha keramik di Desa Larangan Badung. Kedua, bagaimana strategi bauran pemasaran usaha keramik dalam perspektif etika bisnis Islam di Desa Larangan Badung.
Peneliti dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yang dalam hal ini tujuan utama dalam penelitian adalah mendapatkan data. Oleh sebab itu menggunakan tiga teknik dalam pengumpulan datanya yaitu: teknik Observasi, Wawancara (interviem), dan teknik Dokumentasi. Setelah semua data telah berhasil dikumpulkan, maka penulis menjelaskan secara rinci dan sistematis. Sehingga dapat tergambar secara utuh dan dapat dipahami secara jelas kesimpulan akhirnya. Penggunaan penelitian ini mempermudah peneliti dalam menemukan fenomena-fenomena yang ada di lapangan.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: pertama, bagaimana pelaksanaan strategi pemasaran keramik dimana disana menggunakan strategi pemasaran dengan sistem mempererat silaturrahmi dalam mengenalakan produk yang mereka tawarkan kepada konsumen. Terus menggencar atau selalu memperbaiki segi pelayanan mereka berikan kepada konsumen. Semua dilakukan oleh pengusaha agar tetap menjaga dan meningkatkan kualitas dan kuantitas perusahaan untuk mencapai sebuah tujuan perusahaan. Kedua, bagaimana strategi pemasaran usaha keramik dalam perspektif etika bisnis Islam. Menerapkan sebuah etika bisnis. Adapun strategi dari usaha keramik di Desa Larangan Badung dalam perspektif etika bisnis Islam, menerapkan nilai kejujuran dalam menjalankan usaha, saling menghormati antar sesama, bersopan santun, bertanggung jawab atas apa yang dibuat, mentaati hukum yang ada. dan tidak ada unsur riba di dalamnya.
Tidak tersedia versi lain