Text
PENGARUH MINAT BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMPN 1 GALIS PAMEKASAN
ABSTRAK
Diana Fauziyah, 2020, Pengaruh Minat Belajar Dalam Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Terhadap Mata Prestasi Belajar Siswa Di SMPN 1 Galis Pamekasan, Skripsi Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Dr. Siswanto, M. Pd. I.
Kata Kunci : Minat Belajar, Prestasi Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang malas belajar dan kurang bersemangat dalam belajar yang mengakibatkan siswa mengalami penurunan dalam prestasi belajarnya sehingga siswa perlu perhatian dan dorongan dari orang-orang di sekitarnya untuk menumbuhkan minat belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama, adakah pengaruh minat belajar dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 1 Galis Pamekasan. Kedua, seberapa besar pengaruh minat belajar dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 1 Galis Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kolerasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan rumus yang diguanakan adalah Product Moment dan instrumen penelitan yang digunakan yaitu angket, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Adapun penyebaran angket dilakukan dalam penelitian ini pada tanggal 11-13 Januari 2020 jam 10.20, observasi dilakukan tanggal 22 Januari 2020 jam 08.30, dan dokumentasi dilakukan sejak tanggal 11-22 Januari 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, ada pengaruh minat belajar dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 1 Galis Pamekasan, hal ini dibuktikan dengan nilai hasil data statistik yang menunjukkan bahwa “r” kerja yakni 0,539 lebih besar dari “r” tabel product moment dimana N=63 dan interval kepercayaan 95% dengan nilai sebesar 0,248 serta interval 99% dengan nilai 0,322, maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Dengan demikian hipotesis kerja yang digunakan penulis menyatakan ada pengaruh minat belajar dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti terhadap prestasi belajar siswadi SMPN 1 Galis Pamekasan “diterima”. Kedua, besar pengaruh minat belajar dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 1 Galis Pamekasan adalah Cukup. Hal ini dibuktikan dengan analisis data statistik menunjukkan bahwa “r” kerja yakni 0,539 berada pada interval koefisien 0,40-0,70.
Tidak tersedia versi lain