Text
KINERJA GURU DALAM MENGELOLA KELAS DI SMP NEGERI 4 PAMEKASAN
ABSTRAK
Nur Aisyah, 2020, Kinerja Guru dalam Mengelola Kelas di SMP Negeri 4 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Drs. H. Saiful Arif, M.Pd.
Kata Kunci: Kinerja Guru, Pengelolaan Kelas
Guru adalah kunci utama dalam proses pendidikan, dengan itu guru memiliki peran dan tanggung jawab penting dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Dalam proses pembelajaran guru harus memiliki kemampuan dalam mengelola kelas. Tanpa adanya pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru maka, pembelajaran tidak akan berjalan secara maksimal. Maka, guru harus memiliki kinerja yang baik dalam melakukan pengelolaan kelas, supaya tujuan pendidikan atau pembelajaran tercapai.
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kunci pokok dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana indikator kinerja guru dalam mengelola kelas di SMP Negeri 4 Pamekasan. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat kinerja guru dalam mengelola kelas di SMP Negeri 4 Pamekasan. Ketiga, bagaimana implikasi kinerja guru dalam mengelola kelas di SMP Negeri 4 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun yang menjadi sumber penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi nonpartisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Pertama, indikator kinerja guru dalam mengelola kelas, yaitu: kemampuan dan keterampilan guru dalam mengkondisikan kelas, kemampuan dan keterampilan guru dalam mengkondisikan siswa, hasil belajar siswa di dalam kelas, kemampuan dan keterampilan guru dalam melakukan pendekatan sosio-emosional pada kegiatan belajar mengajar. Dari indikator-indikator tersebut kinerja guru dalam mengelola kelas di SMP Negeri 4 dikategorikan baik, namun masih ada beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat. Kedua, faktor pendukung dan penghambat kinerja guru dalam mengalola kelas, yaitu: faktor pendukung, a. kemampuan dan pengetahuan guru ataupun siswa, b. sarana dan prasarana kelas yang memadai, c. lingkungan kelas, di dalam dan luar kelas. Sedangkan faktor penghambatnya, a. kedisiplinan guru dan siswa yang kurang, b. kenakalan siswa, c. kesulitan guru dalam mengontrol emosi yang disebabkan kenakalan siswa. Ketiga, implikasi kinerja guru dalam mengelola kelas, yaitu: kondisi kelas yang yang nyaman dan menyenangkan, semangat belajar dan motivasi siswa meningkat, penyampaian materi yang disampaikan oleh guru tersampaikan dengan baik, pemahaman materi oleh siswa lebih baik, meningkatnya prestasi siswa mulai dari segi kognitif (pengetahuan), afektif (sikap dan perilaku), dan psikomotorik (keterampilan).
Tidak tersedia versi lain