Text
PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MTsN 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Moh. Dairobi, 2019. Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Sisiwa di MTsN 1 Pamekasan, Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Dr. H. Abbadi Ishomuddin, M.A.
Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok dan Kedisiplinan
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya sikap kedisiplina siswa terhadap peraturan yang ditetapkan oleh sekolah atau guru seperti terlambat datang ke sekolah, memakai atribut sekolah tidak sesuai dengan peraturan, tidak mengerjakan tugas dan lain sebagainya yang mengakibatkan siswa tersebut sulit dalam mengembangkan sikap dan moral serta intelektual yang baik, dalam hal ini sangat diperlukan penanganan khusus untuk meningkatkan kedisiplinan yang dilakukan oleh guru BK melalaui layanan BK yaitu layanan konseling kelompok. Ada tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Mengapa dilakukan layanan konseling kelompok untuk melatih kedisiplinan siswa di MTsN 1 Pamekasan?. Kedua, Bagaimana pelaksanaan layanan konseling kelompok untuk melatih kedisiplinan siswa di MTsN 1 Pamekasan?. Ketiga, Bagaimana kendala layanan konseling kelompok untuk melatih kedisiplinan siswa di MTsN 1 Pamekasan?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pamekasan. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Aktifitas dalam analisis data penelitian meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti melakukannya berdasarkan derajat kepercayaan yang meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Alasan diberikan layanan konseling kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan siswa karena konseling kelompok merupakan suatu layanan BK yang membantu menyelesaikan atau mengentaskan masalah siswa secara berkelompok. Kedua, Di MTsN 1 Pamekasan Dalam pelaksanaan layanan konseling kelompok terdapat pra konseling, dimana pra konseling disini konselor memiliki data siswa yang didapat dari DCM atau hasil obeservasi langsung ataupun siswa datang sendiri karena memiliki masalah. Pelaksanaan layanan konseling kelompok selain pra konseling kelompok terdapat juga pelaksanaan konseling kelompok yang terdapat tahap awal, tahap peralihan, tahap kerja dan tahap akhir, dan dipelaksanaan ini merupakan inti dari dilakukanya layanan konseling kelompok dalam menyelesaikan masalah siswa. Pasca konseling kelompok diketahui siswa yang mengikuti konseling kelompok yang diberikan oleh guru BK sudah bisa bersikap disiplin terutama tidak datang terlamabat ke sekolah. Ketiga, Kendala-kendala dalam pelaksanaan layanan konseling kelompok yang sering terjadi yaitu siswa kurang mengetahui tentang layanan konseling kelompok secara mendalam sehingga siswa memiliki rasa kurang percaya diri yang tinggi. Dan sikap kurang menghargai sesama anggota konseling kelompok.
Tidak tersedia versi lain