Text
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS VIII MTs MIFTAHUL ULUM GANDING SUMENEP
ABSTRAK
Media visual adalah media yang melibatkan media pengelihatan. Terdapat dua jenis pesan yang di muat dalam media visual, yaitu pesan verbal dan nonverbal. Pesan verbal visual terdiri atas kata-kata (bahasa verbal) dalam bentuk tulisan dan pesan non verbal visual. Posisi simbol-simbol nonverbal visual yakni sebagai pengganti bahasa verbal, maka ia bisa disebut sebagai bahasa visual. Bahasa visual inilah yang kemudian menjadi software-nya media visual. Media visual merupakan media yang dalam penggunaannya lebih menekankan pada simbol-simbol nonverbal yakni berupa gambar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah. Bagaimanakah meningkatkan motivasi belajar Peserta didik melalui media gambar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan sosial (IPS) Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Ganding Sumenep.
Tujuan dilakukannya penelitian ini Untuk mengetahui Peningkatan motivasi belajar Peserta didik melalui media gambar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan sosial (IPS) Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Ganding Sumenep.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field reasecarh) dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 (dua) Siklus dengan tahapan-tahapan sebagaimana yang telah ditawarkan dalam penelitian tindakan kelas (PTK).
Hasil penelitian pada Siklus I menujukkan bahwa Pelaksanaan KBM masih sangat rendah karena aktivitas guru dalam pembelajaran adalah 41,07 %, Sedangkan aktivitas siswa 37,50 %, Penggunaan media gambar relatif sangat rendah dengan hasil sebesar 54,54 %, dan Motivasi belajar peserta didik diperoleh hasil relatif sangat rendah dengan hasil sebesar 42,5%. Oleh karena itu, dilakukan Siklus II. Hasilnya menunjukkan bahwa pelaksanaan KBM masih rendah yaitu sebesar 57,57%. Hal ini mengalami peningkatan sebesar 16,5 % dibandingkan dengan hasil pada Siklus I. Sedangkan aktivitas siswa relatif tinggi yaitu sebesar 78,12 %. Hal ini mengalami peningkatan sebesar 40,62 % dibandingkan hasil pada Siklus II. Penggunaan media gambar relatif tinggi dengan hasil sebesar 79,54 %. Hal ini mengalami peningkatan sebesar 25 % dibandingkan pada Silklus I. Untuk Motivasi belajar peserta didik diperoleh hasil relatif sangat tinggi dengan hasil sebesar 90 %. Hal ini mengalami peningkatan sebesar 47,5 % dibandingkan dengan Siklus I. Dengan demikian motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan penggunaan media gambar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Ganding Sumenep.
Kata Kunci: Media Gambar, Motivasi Belajar,Mata Pelajaran IPS
Tidak tersedia versi lain