Text
PENERAPAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI AL-AMIEN TEGAL PRENDUAN SUMENEP
ABSTRAK
Iklila Liyana Mery Fajriya, 2019, Penerapan Strategi Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Pembelajaran Tematik Di MI Al-Amien Tegal Prenduan Sumenep, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing : Drs. H. Saiful Arif, M.Pd.
Kata kunci : Strategi Contextual Teaching And Learning (CTL), Pembelajaran Tematik
Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah konsep belajar mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa.
Berdasarkan permasalah tersebut, maka ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana penerapan strategi Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pembelajaran tematik di MI Al-Amien Tegal Prenduan Sumenep; Kedua, apa saja yang menjadi faktor pendukung penerapan strategi Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pembelajaran tematik di MI Al-Amien Tegal Prenduan Sumenep; Ketiga, apa saja yang menjadi faktor penghambat penerapan strategi Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pembelajaran tematik di MI Al-Amien Tegal Prenduan Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang di peroleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala madrasah, guru kelas, dan siswa. sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan strategi Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pembelajaran tematik, dilakukan dengan beberapa tahap pelaksanaan, yaitu pertama, guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, memotivasi siswa dan menyampaikan materi pelajaran kepada siswa dan mengaitkan pada kehidupan siswa. Kedua, guru menjadikan dirinya sebagai model dalam pembelajaran. Ketiga, guru membentuk 4 kelompok kerja siswa. Keempat. guru memberikan kebebasan siswa dalam bertanya. Kelima, guru menyimpulkan dan melakukan refleksi kegiatan. Keenam, guru melakukan penilaian kepada siswa. Kedua, faktor pendukung penerapan strategi Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pembelajaran tematik ada tiga yaitu pertama, kemampuan dan kesiapan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Kedua, motivasi dan minat belajar. Ketiga, sarana dan prasarana penunjang dalam Strategi CTL, yaitu Buku guru, Buku siswa, papan tulis, media gambar (berdasarkan tema) dan ruang kelas. Ketiga, faktor penghambat penerapan strategi Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pembelajaran tematik yaitu pertama, kurang lengkapnya sarana dan prasarana penunjang berupa LCD Proyektor. Kedua, ketidak harmonisan siswa dalam berkelompok.
Tidak tersedia versi lain