Text
PENERAPAN STRATEGI STUDENT ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH ( ICM) PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI SDI DARUL ULUM POLAGAN GALIS PAMEKASAN
ABSTRAK
Nurul Qudratin, 2019, Penerapan Strategi Student Active Learning tipe Index Card Match (ICM) Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III di SDI Darul Ulum Polagan Galis Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing : Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Index Card Match, IPA
Hasil belajar siswa pada pelajaran IPA masih rendah karena strategi yang digunakan oleh guru hanyalah metode ceramah saja, metode tersebut dilakukan oleh guru dengan penuturan atau penjelasan lisan secara langsung terhadap siswa. peran siswa dalam metode ini adalah mendengarkan dengan teliti serta mencatat pokok penting yang ditemukan oleh guru. Hal tersebut membuat siswa kurang paham dalam materi yang disampaikan oleh guru dan membuat siswa merasa bosan dalam pembelajaran sehingga membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran IPA.
Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, yaitu: Pertama; untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa kelas III di SDI Darul Ulum Polagan Galis Pamekasan pada pembelajaran IPA setelah menerapkan strategi pembelajaran aktive learning tipe ICM. Kedua untuk mengetahui kendala - kendala yang dihadapi siswa kelas III menggunakan strategi student active learning tipe ICM pada mata pelajaran IPA dalam meningkatkan hasil belajar di SDI Darul Ulum Polagan Galis Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDI Darul Ulum Polagan Galis Pamekasan yang berjumlah 15 siswa. Model penelitian ini menggunakan PTK model Kurt Lewin. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dan pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes, dokumentasi dan wawancara.
Berdasarkan penelitian bahwa penggunaan strategi student active learning tipe ICM dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDI Darul Ulum Polagan Galis Pamekasan, Sebelum diberikan tindakan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah dengan nilai rata-rata hanya mencapai 33,84 dan persentase ketuntasan belajar siswa adalah 0 %, setelah dikenali tindakan siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 74,4 sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 26,67 %. Pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 80,53 dan pesentase ketuntasan siswa juga meningkat menjadi 86,67%. Setelah itu peneliti mencoba melanjutkan penelitian dengan memberikan postest pada pasca siklus dengan nilai rata-rata kelas 87 dan presentase ketuntasan belajar siswa menungkat menjadi 100%.
Tidak tersedia versi lain