Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV DI MI NURUL FATA ROMBUH PALENGAAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Suhartatik, 2019, Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV di MI Nurul Fata Rombuh Palengaan Pamekasan, Skripsi, Program Studi PGMI, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Mariatul Qibtiyah Harun, M. Ag.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Minat Belajar
Guru dituntut agar dapat memilih model pembelajaran yang dapat memacu semangat setiap siswa serta lebih aktif dan mengapresiasi pelajaran dalam proses pembelajaran. Minat belajar siswa juga sangat berpengaruh dalam berjalannya proses pembelajaran. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dinilai menunjang dalam meningkatkan minat belajar siswa, karena model ini memposisikan siswa untuk mengenal masalah dan melatih diri untuk memecahkan masalah, terutama masalah yang ada di lingkungan sekitar.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: pertama, adakah pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap minat belajar siswa kelas IV di MI Nurul Fata Rombuh Palengaan Pamekasan?; kedua, seberapa besar pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap minat belajar siswa kelas IV di MI Nurul Fata Rombuh Palengaan Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang sifatnya korelasi sebab-akibat, yaitu antara variabel X (Model Pembelajaran Berbasis Masalah) dab variabel Y (Minat Belajar). Yang menjadi objek penelitian yaitu siswa kelas IV di MI Nurul Fata, yang jumlahnya 20 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai data primer, observasi, dokumentasi dan wawancara sebagai data sekunder. Untuk menganalisis data dari hasil penelitian ini dengan menggunakan analisis korelasi product moment.
Berdasarkan hasil penelitian analisis data yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap minat belajar siswa kelas IV MI Nurul Fata Rombuh Palengaan Pamekasan. Hal ini dibuktikan dengan adanya perhitungan r kerja lebih besar dari r tabel, baik pada interval kepercayaan 95% maupun 99% yaitu 0,587>442 maupun 0,587>561. Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini “diterima” dan hasilnya menunjukkan korelasi positif. Adapun besar pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap minat belajar siswa kelas IV MI Nurul Fata Rombuh Palengaan Pamekasan, memilki pengaruh yang cukup dengan hasil interpretasi nilai sebesar 0,587 berada di antara 0,40-0,70. Sehingga hipotesis cukup signifikan “diterima”.
Tidak tersedia versi lain