Text
UPAYA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDI DARUL ULUM SUMUR PENANG POLAGAN GALIS PAMEKASAN
ABSTRAK
Sri Wahyuni, 2019. Judul: “ Upaya Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDI Darul Ulum Sumur Penang Polagan Galis Pamekasan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing Dr. H. Zainuddin Syarif, M.Ag
Kata Kunci: Guru, Prestasi Belajar Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa kelas V di Sekolah Dasar Islam Darul Ulum Sumur Penang Polagan Galis Pamekasan. Maksud judul ini adalah penelitian tentang usaha-usaha yang dilakukan guru dalam meningkatkan hasil dari aktivitas dalam belajar yang merujuk kepada aspek-aspek kognitif, afektif, psikomotorik pada siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Darul Ulum Sumur Penang Polagan Galis Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, peneliti memilih pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Dengan tekhnik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif. Tekhnik ini digunakan sebagai acuan penulisan hasil penelitian dan mempermudah dalam memahami deskripsi yang disajikan sebagai hasil akhir dari penelitian sehingga dapat memberikan pemahaman tentang (1) Upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Islam Darul Ulum Sumur Penang Polagan Galis Pamekasan. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Islam Darul Ulum Sumur Penang Polagan Galis Pamekasan. (3) Tingkat prestasi belajar siswa dapat meningkat dengan upaya yang di lakukan guru.
Hasil penelitian ini, upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Darul Ulum Sumur Penang Polagan Galis Pamekasan telah mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnnya prestasi belajar siswa pada penilaian harian (PH) dan penilaian tengah semester (PTS) siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), mata pelajaran Aqidah Akhlak, dan mata pelajaran Bahasa Inggris. Adapun usaha-usaha yang dilakukan guru, yaitu sebagai berikut: (1) Meningkatkan kualitas dan kreatifitas guru dalam proses pembelajaran. Upaya ini dilakukan dengan cara mengikuti diklat, dan seminar dinas pendidikan ditingkat kecamatan. Dan menerapkan metode dan media pembelajaran bervariasi berupa metode permainan, tanya jawab dengan media yang diharapkan mampu membuat proses pembelajaran berjalan dengan lebih aktif, kreatif, efektif. (2) Pemanfaatan fasilitas pembelajaran sebagai penunjang pembelajaran dan sarana sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi. Melakukan kerjasama dengan orang tua siswa. Dengan adanya kerjasama ini maka pembelajaran yang diberikan guru di sekolah dapat dukungan dari orang tua siswa dalam pelaksanaanya. (3) Prestasi belajar siswa mengalami kemajuan dengan penggunaan metode dan media yang bervariasi, dan diadakannya evaluasi diakhir pembelajaran sudah mampu membuat prestasi belajar siswa lebih baik dari sebelumnya. Siswa yang awalnya malas belajar, tidak menyukai pembelajaran, tidak menerima penyampaian materi dengan baik, dengan diadakannya upaya guru siswa menjadi lebih baik di dalam kelas, lebih aktif, dan kreatif,
Dari hasil diatas, disarankan, kepada guru untuk terus meningkatkaan kualitas dan kreatifitas dalam pelaksanaan pembelajaran demi lancarnya proses pembelajaran, dan untuk siswa agar selalu belajar dengan giat dan lebih aktif lagi dalam pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain