Text
UPAYA GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUIPENERAPAN MODELPENEMUAN TERBIMBING PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SDIT AL- IRSYAD PAMEKASAN
ABSTRAK
Nur Jennah, 2018, Upaya Guru Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Penemuan Terbimbing pada Pelajaran Matematika kelas III di SDIT Al- Irsyad Pamekasan, Skripsi. IAIN Madura.
Abstrak: Proses belajar merupakan upaya perubahan tingkah laku. Perubahan ini bisa dalam bentuk kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Perubahan ini bisa dicapai saat pembelajaran berlangsung. Dalam kegiatan pembelajaran guru bisa menggunakan berbagai model pembelajaran agar tercipta suasana belajar yang nyaman, menyenangkan, dan tidak membosankan, terutama untuk pelajaran matematika. Pada pelajaran matematika sebagian besar isinya adalah rumus- rumus yang sifatnya abtrak yang didefinisakan dalam bahasa simbol. Untuk kelas rendah tentunya masih belum bisa berfikir abstrak tak jarang siswa merasa bosan dan pasif di dalam kelas, dan berdampak pada hasil belajar yang kurang maksimal.
Berdasarkan latar belakang di atas menginspirasi penulis untuk membuat skripsi dengan judul upaya guru meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model penemuan terbimbing pada pelajaran matematika kelas III di SDIT Al- Irsyad Pamekasan. fokus penelitian ini, yaitu 1. Upaya guru meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model penemuan terbimbing pada pelajaran matematika kelas III materi bangun datar di SDIT Al- Irsyad Pamekasan, 2. Gambaran keberhasilan upaya guru meningkatkan hasil belajar siswa melalui model penemuan terbimbing pada pelajaran matematika kelas III materi bangun datar di SDIT Al- Irsyad Pamekasan
Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu model penemuan terbimbing. Penggunaan model penemuan ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi bangun datar. Subjek penelitian ini siswa kelas III SDIT Al-Irsyad Pamekasan berjumlah 27 orang. Model penemuan terbimbing merupakan salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa untuk menemukan, menyusun, dan menyimpulkan dengan bimbingan dari guru. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dua siklus. Tiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, dan refleksi. Pada siklus I dengan materi konsep bangun datar persegi dan persegi panjang dan siklus ke II menjelaskan luas dan keliling persegi dan persegi panjang. Teknik mengambilan data dilakukan dalam tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dianggap berhasil apabila memenuhi indikator ketercapaian 70% siswa memperoleh nilai minimal 70 dengan rentang nilai 0 sampai 100.
Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata- rata 77,2 dengan tingkat keberhasilan 88,9% sedangkan pada siklus II menunjukkan rata-rata belajar siswa 86,5 dan tingkat keberhasilan 96,2%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model penemuan terbimbing mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi bangun datar kelas III di SDIT Al-Irsyad Pamekasan .
Tidak tersedia versi lain