Text
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA KELAS VII MTS RIHLATUT THULLAB KECAMATAN CAMPLONG, KABUPATEN SAMPANG
ABSTRAK
Ahmadin, 2019 Judul: “Penerapan Metode Pembelajaran
Group Investigation Pada Pembelajaran Ips Terpadu Pada Siswa Kelas VII Mts Rihlatut Thullab Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang.” Skripsi Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurusan Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Pembimbing: Hasan Basri, M. Pd
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Group Investigation, dan IPS
Dalam menerapkan suatu metode pasti seorang pendidik menpunyai langkah-langkah tersendiri dalam mangaplikasikan metode yang digunakan dalam kegiatan proses pembelajaran, tidak menutup kemungkinan, seperti yang dilakukan oleh guru Mts Rihlatut Thullab Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, yang memiliki cara atau langkah tersendiri dalam mengaplikasikan strateginya dalam mengajar, yang mana guru Mts Rihlatut Thullab Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang menggunakanmetode group investigation pada mata pelajaran IPS.
Sesuai konteks penelitian diatas, maka fokus penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Pertama, bagaimana penerapan metode pembelajaran group investigation pada pembelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VII MTS Rihlatut Thullab Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang. Kedua, apa saja kesulitan dalam penerapan metode pembelajaran group investigation pada pembelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VII MTS Rihlatut Thullab Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang. Ketiga, bagaimana solusi dalam penerapan metode pembelajaran group investigation pada pembelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VII MTS Rihlatut Thullab Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Dengan jenis deskriftif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah guru dan siswa. Sedangan keabsahan pengecekan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, dalam proses penerapan metode group investigation ada beberapa langkah rencana belajar yaitu yaitu: a). pre- teaching, b). whilst teaching, dan c). post- teaching. Kedua, kesulitan-kesulitan guru dalam menerapkan metode group investigation, yaitu a). dari faktor internal dan b). faktor eksternal. Ketiga, sedangkan solusi guru dalam menerapkan metode group investigation, yaitu a). memberikan tugas. b). kadang diberikan artikel yang diambil dari media untuk dibaca yang berkaitan dengan materi pelajaran, dan c). selain itu juga melatih siswa yang kecerdasannya masih jauh dari temannya.
ABSTRAK
Ahmadin, 2019 Judul: “Penerapan Metode Pembelajaran
Group Investigation Pada Pembelajaran Ips Terpadu Pada Siswa Kelas VII Mts Rihlatut Thullab Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang.” Skripsi Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurusan Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Pembimbing: Hasan Basri, M. Pd
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Group Investigation, dan IPS
Dalam menerapkan suatu metode pasti seorang pendidik menpunyai langkah-langkah tersendiri dalam mangaplikasikan metode yang digunakan dalam kegiatan proses pembelajaran, tidak menutup kemungkinan, seperti yang dilakukan oleh guru Mts Rihlatut Thullab Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, yang memiliki cara atau langkah tersendiri dalam mengaplikasikan strateginya dalam mengajar, yang mana guru Mts Rihlatut Thullab Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang menggunakanmetode group investigation pada mata pelajaran IPS.
Sesuai konteks penelitian diatas, maka fokus penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Pertama, bagaimana penerapan metode pembelajaran group investigation pada pembelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VII MTS Rihlatut Thullab Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang. Kedua, apa saja kesulitan dalam penerapan metode pembelajaran group investigation pada pembelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VII MTS Rihlatut Thullab Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang. Ketiga, bagaimana solusi dalam penerapan metode pembelajaran group investigation pada pembelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VII MTS Rihlatut Thullab Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Dengan jenis deskriftif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah guru dan siswa. Sedangan keabsahan pengecekan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, dalam proses penerapan metode group investigation ada beberapa langkah rencana belajar yaitu yaitu: a). pre- teaching, b). whilst teaching, dan c). post- teaching. Kedua, kesulitan-kesulitan guru dalam menerapkan metode group investigation, yaitu a). dari faktor internal dan b). faktor eksternal. Ketiga, sedangkan solusi guru dalam menerapkan metode group investigation, yaitu a). memberikan tugas. b). kadang diberikan artikel yang diambil dari media untuk dibaca yang berkaitan dengan materi pelajaran, dan c). selain itu juga melatih siswa yang kecerdasannya masih jauh dari temannya.
Tidak tersedia versi lain