Text
PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VII SMPN 3 PADEMAWU, PAMEKASAN
ABSTRAK
Ahmad Humaidi, 2019 Judul: “Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan
Keaktifan Belajar IPS Pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Pademawu, Pamekasan” Skripsi Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurusan Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Pembimbing: Dr. Siswanto, M.Pd.I
Kata Kunci: Metode Diskusi, Keaktifan Belajar, dan IPS
Metode pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan yang termasuk penggunaan pemanfaatan sebagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran. Dalam menerapkan suatu metode pasti seorang pendidik menpunyai langkah-langkah tersendiri dalam mangaplikasikan metode yang digunakan dalam kegiatan proses pembelajaran, tidak menutup kemungkinan, seperti yang dilakukan oleh guru SMPN 3 Pademawu, Pamekasan, yang memiliki cara atau langkah tersendiri dalam mengaplikasikan strateginya dalam mengajar, yang mana guru SMPN 3 Pademawu, Pamekasan menggunakan enam langkah dalam menerapkan atau mengaplikasikan metode diskusi pada mata pelajaran IPS.
Sesuai konteks penelitian diatas, maka fokus penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Pertama, apa saja jenis-jenis metode diskusi yang digunakan guru untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS pada siswa kelas VII SMPN 3 Pademawu, Pamekasan. Kedua, bagaimana langkah-langkah guru dalam menerapkan metode diskusi untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS pada siswa kelas VII SMPN 3 Pademawu, Pamekasan. Ketiga, apa saja kesulitan-kesulitan guru dalam mengimplemintasikan metode diskusi untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS pada siswa kelas VII SMPN 3 Pademawu, Pamekasan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Dengan jenis deskriftif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah guru dan siswa. Sedangan keabsahan pengecekan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, metode yang digunakan guru dalam menggunakan diskusi yaitu: a). Jenis diskusi kelas dengan menunjukkan salah satu siswa sebagai notulen dan moderator, dan b). jenis diskusi kelompok dengan cara membentuk kelompok dan memberikan tema yang akan dibahas bersama. Kedua, langkah-langkah yang digunakan, yaitu: a).memberikan arahan yang jelas setelah itu memebagi siswanya menjadi kelompok, b). memerintahkan siswanya untuk melakukan diskusi dengan kelompoknya masing-masing, c).setelah itu beliau menyuruh siswanya untuk mengupulkan hasil diskusinya dan d).beliau menyimpulkan hasil dari diskusi yang dilakukan oleh siswa dan memberikan tugas kepada siswanya. Ketiga, sedangkan kesulitan-kesulitan guru dalam menggunakan metode diskusi,yaitu a). dari faktor internal dan b). faktor eksternal.
Tidak tersedia versi lain