Text
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DI KELAS V UPTD SDN BATOKARANG 1
ABSTRAK
Yulia Wati, 2019, Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing di Kelas V UPTD SDN Batokarang 1, Skripsi, Program Studi PGMI, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Halimatus Sa’diyah, M.Pd.I.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing
Dalam kegiatan belajar mengajar guru dituntut untuk menciptakan kondisi belajar yang efektif dan efisien untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa yang ditandai dengan siswa dapat terlibat aktif di dalam proses pembelajaran. Karena motivasi belajar siswa yang tinggi juga dapat berdampak positif terhadap hasil belajarnya.
Terdapat dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing di kelas V UPTD SDN Batokarang 1. Kedua, bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing di kelas V UPTD SDN Batokarang 1.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing yang dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif guna mendorong terjadinya perubahan dalam praktik pembelajaran menuju ke arah yang lebih efektif. Pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V dalam proses pembelajaran.
Dari hasil penelitian tersebut dapat diperoleh cara meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing di kelas V UPTD SDN Batokarang 1 antara lain: 1) penyampaian materi, 2) pembentukan kelompok secara heterogen, 3) pembagian lembar kerja siswa yang akan dibentuk bola salju, 4) siswa membuat pertanyaan, 5) lempar bola salju (snowball throwing berlangsung), 6) siswa menjawab pertanyaan, dan 7) kesimpulan. Peningkatan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing yang telah dilaksanakan di kelas V UPTD SDN Batokarang 1 dapat diperoleh dari kegiatan pembelajaran tersebut terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Presentase motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 58,4% atau dengan kriteria tinggi menjadi 89,5% dengan kriteria sangat tinggi pada siklus II. Peningkatan motivasi belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing yang telah dilaksanakan di kelas V UPTD SDN Batokarang 1 juga berdampak pada hasil belajar siswa. Dari kegiatan pembelajaran tersebut terjadi peningkatan presentase tuntas belajar pada siklus I yang diperoleh pada pretest sebesar 38,89% dengan nilai rata-rata siswa 63,89 dan pada post test sebesar 44,44% dengan nilai rata-rata siswa 67,35. Sementara presentase tuntas belajar siswa pada siklus II terhadap hasil pretest meningkat 44,1% yaitu dari 38,89% pada siklus I menjadi 83,4% pada siklus II dengan nilai rata-rata 74,07 dan hasil post test meningkat 44,45% yaitu dari 44,44% pada siklus I menjadi 88,89% pada siklus II dengan nilai rata-rata 77,78.
Tidak tersedia versi lain