Text
Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Menulis Paragraf melalui Metode Mind Mapping Di Kelas V MI Nurul Hidayah Omben Sampang
ABSTRAK
Istik Alan Unsiyah, 2019, Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menulis Paragraf melalui Metode Mind Mapping di Kelas V MI Nurul Hidayah Omben Sampang, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: HeniListiana, M.Pd.I.
Kata Kunci: Paragraf, Metode Mind Mappig.
Menulis merupakan salah satu keterampilan dalam berbahasa yang akan berkembang jika dilatih secara terus menerus .Hal ini sesuai dengan salah satu Kompetensi Dasar (KD) yang ingin dicapai dalam pembelajaran menulis yaitu siswa mampu menulis sebuah paragraf sederhana menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. Dalam pelaksanaannya, guru seringkali menyiapkan berbagai metode dan strategi guna meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, salah satunya yaitu dengan menyajikan pelajaran menggunakan metode mind mapping.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi menulis paragraf melalui Metode mind mappingdi Kelas V MI Nurul Hidayah Omben Sampang. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yan dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Nurul Hidayah Omben Sampang yang berjumlah 32 siswa. Adapun objek penelitian ini adalah pembelajaran menulis paragraf dengan menggunakan metode mind mapping (Peta Pikiran).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes siklus I diperoleh sebanyak 17 siswa atau 53% tuntas dan 15 siswa atau 47% belum tuntas. Berdasarkan data tersebut dapat dikatakan terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 25% pada siklus I. Pada siklus I ini, hasil tidak sesuai dengan yang diharapkan, dimana hasil yang diharapkan adalah sebanyak 24 siswa atau lebih dari 75% siswa yang tuntas, sedangkan pada siklus I masih mencapai 17 siswa atau 53% yang tuntas, jadi masih kurang 7 siswa atau sebanyak 22% yang harus tuntas. Oleh karena itu, perlu dilakukan tindakan lebih lanjut pada siklus selanjutnya. Kemudian pada hasil tes siklus II menunjukkan 27 siswa atau 84% tuntas dan 5 siswa atau 16% belum tuntas. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 56% dibandingkandariprasiklusdansebesar 31% dibandingkan pada siklus I.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi menulis paragraf melalui Metode mind mapping di Kelas V MI Nurul Hidayah Omben Sampang. Dengan adanya peningkatan yang terjadi pada siswa yang telah mencapai 84% siswa telah tuntas dan melebihi 75% indikator keberhasilan maka dinyatakan bahwa perbaikan pembelajaran ini telah berhasil.
Tidak tersedia versi lain