Text
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV MI NURUL FATA ROMBUH PALENGAAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Nurjalilah Arip, 2019, Efektifitas Penggunaan Metode Sosiodrama Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1V MI Nurul Fata Rombuh Palengaan Pamekasan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Halimatus Sa’diyah, M.Pd.
Kata Kunci: Metode Sosiodrama, Kemampuan Berbicara
Dalam kegiatan belajar mengajar siswa dituntut agar bisa aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, selain itu guru harus bisa memilih metode yang cocok dalam pembelajaran, terutama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang fokus pada kemampuan berbicara. Dari beberapa metode yang ada Metode sosiodrama disini sangat cocok digunakan dalam proses pembelajaran disini siswa dilatih untuk bisa meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Indonesia secara aktif dan menyenangkan
Adapun fokus penelitian ini: pertama Bagaimana Implementasi metode sosiodrama dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Nurul Fata Rombuh Palengaan Pamekasan? Kedua Bagaimana efektivitas penggunaan metode sosiodrama dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Nurul Fata Rombuh Palengaan Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif. Data yang diperoleh yaitu dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber datanya adalah guru kelas, dan siswa kelas 1V MI Nurul Fata Palengaan Pamekasan. Adapun teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, display data (penyajian data), dan verifikasi data (penarikan kesimpulan) sedangkan tehnik pengecekan keabsahan datanya melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, Implementasi metode sosiodrama sudah berjalan dengan baik karena sudah mengikuti langkah-langkah metode sosiodram. Kedua, Efektifitas metode sosiodrama sudah efektif siswa lebih aktif, dan anak-anak sangat antusias sekali dalam mengikuti pembelajaran di kelas.
Tidak tersedia versi lain